Gara-Gara Tak Punya Tim Muda, Klub Vietnam Didepak dari AFC Cup

Football5Star.com – Juara Vietnam, Hanoi FC bisa saja didepak dari AFC Cup 2020. Sebab, mereka sampai saat ini tak memiliki tim usia muda yang menjadi salah satu regulasi wajib dari AFC maupun FIFA.

Keikutsertaan mereka dalam AFC Cup 2020 diragukan karena tak dapat memenuhi peraturan perizinan klub Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dalam Piala AFC dan Liga Champions. Dalam aturannya, sangat jelas AFC mewajibkan klub harus memiliki setidaknya dua tim muda dalam kisaran usia U15 dan U18 agar memenuhi syarat untuk mendapatkan lisensi.

Lebih lanjut dinyatakan bahwa tim muda ini harus berpartisipasi dalam semua kompetisi yang relevan yang diselenggarakan oleh pemberi lisensi, dalam hal ini PSSI-nya Vietnam (VFF). Tim usia dini juga harus berpartisipasi dalam kegiatan pengembangan pemain muda yang diselenggarakan oleh pemberi lisensi.

Nah, di sinilah Hanoi FC dapat kehilangan haknya untuk berpartisipasi dalam babak Kualifikasi Liga Champions Asia 2020 dan AFC Cup 2020. Mereka jelas tak bisa mewakili Vietnam dalam kejuaraan di benua mana-pun karena tim U-15nya tidak ambil bagian dalam turnamen usia dini VFF.

Dengan absennya Hanoi, Ho Chi Minh City FC yang jadi runner-uo bisa mengambil jatah tersebut. Ini adalah kedua kalinya dalam tiga tahun sang juara V.League dianggap tidak memenuhi syarat dalam turnamen Asia. Sebelumnya, juara V.League 2017, QNK Quang Nam FC diputuskan tidak memenuhi syarat dan jatah diambil oleh runner-up, FLC Thanh Hoa FC.

Kondisi ini jelas sangat disayangkan. Padahal, Hanoi FC musim lalu menciptakan sejarah dengan menembus final play-off inter-zone. Mereka jua tersingkir karena gol tandang setelah bermain imbang 2-2 melawan tim Korut 4.25 SC di kandangnya.

Comments
Loading...