Gelandang AS Roma Tapaki Jejak Fenomenal Michel Platini di Serie A

Football5Star.com, Indonesia – AS Roma memang kalah 1-2 dalam laga melawan AC Milan pada lanjutan Liga Italia, Senin (1/3/2021) dini hari WIB. Namun, sebuah torehan prestasi dibuat pemain asal Prancis, Jordan Veretout. Gelandang AS Roma itu menapaki jejak Michel Platini di Serie A.

Saat menjamu Milan, Veretout mencetak satu-satunya gol tuan rumah. Menerima umpan Leonardo Spinazzola, sepakan kaki kanan gelandang AS Roma itu menaklukkan Gianluigi Donnarumma dan membuat kedudukan jadi 1-1. Itu adalah gol ke-10 sang pemain di Serie A musim ini.

Torehan 10 gol itulah yang membuat Veretout menapaki jejak Platini. Dalam 35 tahun terakhir, dialah gelandang Prancis pertama yang mampu mencetak gol dalam jumlah dua digit pada satu musim Serie A. Sebelumnya, hanya Platini yang melakukan itu pada 1982-83, 1983-84. 1984-85, dan 1985-86.

Setelah Platini, ada cukup banyak gelandang Prancis yang berkiprah di Serie A. Sebut saja Zinedine Zidane, Alain Boghossian, Didier Deschamps, dan Paul Pogba. Namun, tak satu pun yang mampu mencetak dua digit gol dalam semusim.

Prestasi terbaik Zidane adalah mencetak 7 gol di Serie A pada musim 1997-98. Sementara itu, Paul Pogba paling bagus mengemas 8 gol pada musim 2014-15 dan 2015-16. Adapun Boghossian hanya mengemas 6 gol pada musim terbaiknya, yaitu pada 1997-98.

Gol Veretout Didominasi Penalti

Bagi Jordan Veretout, prestasi menapaki jejak Michel Platini juga merupakan jawaban atas tantangan pelatih AS Roma, Paulo Fonseca. Melihat performa sang gelandang, pelatih asal Portugal itu memberikan tantangan khusus pada awal musim ini.

“Saya bertaruh dengan Veretout. Pada awal musim, saya katakan dia perlu mencetak setidaknya 10 gol. Kini dia sudah mencetak 9 gol,” kata Fonseca pada pertengahan Februari lalu seperti dikutip Football5Star.com dari Football Italia.

tuttomercatoweb.com

Tantangan itu cukup beralasan. Sebelumnya, Veretout sudah pernah mencetak 10 gol pada musim pertamanya di Liga Italia, yakni 2017-18 bersama Fiorentina. Namun, 2 gol di antaranya dibukukan pada pentas Coppa Italia. Adapun pada dua musim berikutnya, dia mengemas 5 dan 7 gol.

Sebagai gelandang tengah, kesuburan Veretout terbantu oleh statusnya sebagai eksekutor penalti AS Roma. Faktanya, dari 18 gol yang dibuat bersama I Giallorossi sejak musim lalu, 12 di antaranya berasal dari eksekusi penalti.

Soal mengeksekusi tendangan dari titik 12 pas, Jordan Veretout memang istimewa. Bersama AS Roma, dia belum pernah gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Kegagalan penalti terakhir dialami bersama Fiorentina saat melawan Sassuolo pada 29 April 2019.

AS RomaJordan VeretoutLiga ItaliaMichel PlatiniPaulo Fonsecaserie a