Geoff Hurst Harap Sundulan Kepala Dilarang pada Sepak Bola Usia Dini

Football5star.com, Indonesia – Kepala adalah salah satu senjata utama dalam permainan sepak bola. Lewat sundulan kepala semua hal bisa terjadi di lapangan.

Akan tetapi dampak buruk dari sundulan kepala ini juga sangat besar. Yang lumrah terjadi adalah penyakit demensia, atau yang lebih dikenal dengan penurunan daya ingat dan bisa merusak otak.

Di Inggris saja sudah ada lima legenda besar mereka yang mengalami demensia. Mereka adalah Sir Bobby Charlton, Jack dan Stiles Charlton, Martin Peters, serta Ramon Wilson.

express.co.uk

Bahaya ini pula yang membuat legenda Inggris lainnya, Geoff Hurst meminta agar sundulan kepala dilarang, terutama pada sepak bola usia dini. Dia takut generasi masa depan akan mengalami nasib serupa karena penyakit demensia yang diakibatkan menyundul bola.

“Jelas buktinya terus muncul sekarang. Saya selalu berpikir akan kembali ke beberapa tahun lalu, mungkin ada persentasi tinggi pemain sepak bola yang menderita demensia. Sekarang hasil terbaru menunjukkan pesepak bola tiga setengah kali lebih mungkin mengidap demensia,” kata Geoff Hurst kepada Talksport, Rabu (18/11/2020).

“Ada dua elemen penting. Pertama tidak terlalu banyak berlatih dengan sundulan dan kedua mungkin pemain belia yang berusia 10 tahun jangan menyundul bola ketika otak mereka kurang berkembang. Saya tidak berpikir itu akan berdampak negatif pada mereka yang menikmati sepak bola akar rumput,” imbuhnya.

“Jadi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tapi yang kami lihat adalah lebih banyak penelitian tentang bagaimana demensia merusak kehidupan orang,” ungkap Geoff Hurst.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More