Georgije Jankulov, Bintang Muda Makedonia Utara Didikan Crvena Zvezda

Football5Star.com, Indonesia – Minggu (11/10/2020) malam WIB, timnas U-19 Indonesia akan kembali beruji tanding. Kali ini, tim asuhan Shin Tae-yong akan menghadapi timnas U-19 Makedonia Utara. Tiga hari kemudian, kedua tim itu pun akan kembali bersua pada agenda yang sama.

Bicara soal timnas U-19 Makedonia Utara memang tak banyak yang bisa diungkap. Sebagai negara kecil di Eropa dan hanya kekuatan semenjana di sepak bola Benua Biru, liputan soal mereka tak banyak. Tak terkecuali soal pemain-pemainnya. Berbeda dari timnas U-19 Kroasia dan Bosnia & Herzegovina yang memiliki sosok-sosok wonderkid, Makedonia Utara tak memilikinya.

Meskipun demikian, bukan berarti Makedonia Utara tak punya talenta muda dengan kemampuan apik. Salah satunya Georgije Jankulov. Saat ini, umurnya baru 18 tahun yang berarti seharusnya berada di tim U-19 Makedonia Utara saat menghadapi Indonesia di Split, Kroasia, nanti.

Jankulov berposisi sebagai bek kanan. Kemampuannya terbilang komplet. Dalam menyerang, dia piawai menyisir sisi kanan, melewati adangan lawan, dan melepaskan umpan silang. Sementara itu, dalam bertahan, dia punya kemampuan tekel apik. Sungguh sesuai dengan kriteria fullback modern.

Pada 19 November tahun lalu, Jankulov tampil memukau saat Makedonia Utara menang 3-0 atas Luksemburg pada Kualifikasi Piala Eropa U-19. Dia membuat dua assist bagi gol Arbi Vosha dan Abdulhavit Murati. Lalu, saat kalah 3-4 dari Georgia pada laga persahabatan, akhir Februari lalu, dia malah mencetak gol.

Pemain ini punya latar belakang unik. Meskipun lahir dan kini membela Makedonia Utara, dia justru sejak awal menimba ilmu sepak bola di Serbia. Dia sempat berada di akademi Dinamo 1945 Pancevo sebelum direkrut Crvena Zvezda pada 2016. Dalam umur 15 tahun, dia dipercaya membela tim U-17. Tiga tahun di sana, dia hijrah ke Zeleznicar Pancevo.

Jankulov Bawa Zeleznicar Promosi

Instagram @gjankulov2

Di klub barunya, Georgije Jankulov tak lagi menghuni tim junior. Oleh pelatihGoran Mrdja dan Marko Perovic, pemain Makedonia Utara itu dipercaya membela tim senior. Musim ini, dia selalu tampil dalam 6 laga Zeleznicar di Prva Liga alias Divisi I Liga Serbia. Rinciannya, empat kali sebagai starter dan dua kali sebagai pemain pengganti. Meskipun menit mainnya belum banyak, itu menandakan kepercayaan sang pelatih terhadap kemampuannya.

Dilihat dari status Zeleznicar yang saat itu berada di Divisi II Liga Serbia, kepindahan Jankulov terlihat sebagai langkah mundur. Namun, pemain kelahiran 25 November 2001 itu tak menyesalinya. Dia justru menilai langkah itu tepat.

“Aku tak salah ketika datang ke Zeleznicar pada 1,5 tahun lalu atas undangan pelatih Goran Mrdja. Aku senang musim ini, bersama sebagai tim, kami meraih hasil bagus dan promosi ke Divisi I (kasta kedua di Liga Serbia),” ujar Jankulov pada Mei lalu seperti dikutip Football5Star.com dari ABC Sport.

Incar Posisi di Timnas Makedonia Utara

Bagi Georgije Jankulov, hal terpenting adalah menemukan kebahagiaan dalam bermain. Bersama Zeleznicar yang saat ini berada di Prva Liga, dia menemukan itu. Dia pun yakin akan dapat menebus timnas Makedonia Utara.

“Aku nyaman di sini dan memiliki kesamaan ambisi. Aku juga punya ambisi menembus timnas Makedonia Utara,” kata dia. “Sejak kali pertama menyentuh bola, aku ingin jadi pesepak bola profesional dan menjalani karier di sini secara serius.”

Instagram @gjankulov2

Harapan Jankulov untuk menembus timnas Makedonia Utara tidaklah muluk. Itu sangat logis karena sejauh ini, dia mulus “naik kelas” di timnas junior negerinya.

“Aku melalui semua tingkatan umur Crvena Zvezda. Lalu, datang undangan dari timnas Makedonia Utara pada 2017 yang kuterima dengan senang hati. Aku sudah tampil bagus bersama timnas U-17 dan U-19,” kata Jankulov.

Lalu, apakah Georgije Jankulov akan tampil saat timnas U-19 Makedonia Utara melawan timnas U-19 Indonesia pada Minggu nanti? Sepertinya tidak. Pasalnya, dia sudah “naik kelas” lagi. “Kini aku adalah anggota skuat timnas U-21,” ujar dia.

Crvena ZvezdaGeorgije JankulovMakedonia Utaratimnas U-19 Makedonia UtaraZeleznicar Pancevo