Gianluigi Buffon Pecahkan Rekor Paolo Maldini

Football5star.com, Indonesia – Penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon, resmi menjadi pengoleksi penampilan terbanyak sepanjang sejarah Serie A pada Sabtu (28/9) malam WIB. Ia berhasil memecahkan rekor tersebut yang sebelumnya menjadi milik legenda AC Milan, Paolo Maldini.

Gianluigi Buffon berhasil memecahkan rekor tersebut ketika diturunkan oleh Maurizio Sarri pada laga melawan SPAL di Stadion Allianz. Laga tersebut menjadi yang ke-902 untuk Buffon di Serie A. Melewati rekor Paolo Maldini yang mengoleksi 901 penampilan.

Partai Serie A pertama Buffon lahir pada laga antara Parma vs AC Milan pada tahun 1995 silam. Dalam laga debutnya sebagai penjaga gawang, Buffon berhasil mencetak clean sheet setelah laga tersebut berakhir dengan skor sama kuat, 0-0.

twitter.com/squawka

Sepanjang kariernya, Buffon memang hanya dua musim bermain di luar Serie A. Musim pertamanya bermain di luar Serie A terjadi pada tahun 2005. Ketika itu, ia tetap menjadi bagian dari skuat Juventus yang harus bermain di Serie B yang merupakan buntut skandal Calciopoli.

Kali kedua Buffon bermain di luar Serie A terjadi pada musim 2018-19 lalu. Ketika itu, ia memutuskan untuk mencoba peruntungannya bersama raksasa Prancis, Paris Saint-Germain.

Namun, Buffon gagal menunjukkan penampilan terbaiknya di Prancis. Pasalnya, ia hanya berhasil mencetak sembilan clean sheet dari 25 penampilannya.

Setelah gagal tampil maksimal bersama PSG, Buffon memutuskan untuk kembali ke Juventus. Partai melawan SPAL merupakan laga keduanya musim ini. Sebelumnya, ia sempat tampil pada laga melawan Hellas Verona pekan lalu.

Gianluigi BuffonJuventusPaolo Maldini