Gianluigi Donnarumma Bukan Lagi Pemain Lokal Bergaji Terbesar

Football5Star.com, Indonesia – Dalam dua musim terakhir, Gianluigi Donnarumma tercatata sebagai pemain lokal bergaji terbesar di Serie A. Kiper AC Milan tersebut menerima gaji 6 juta euro per musim berdasarkan pembaruan kontraknya pada 2018.

Akan tetapi, untuk musim 2020-21, status pemain lokal dengan gaji termahal tak lagi disandang Donnarumma. Ada pemain lokal lain yang mendapatkan gaji lebih tinggi. Dia adalah bek Juventus, Leonardo Bonucci. Berdasarkan data yang dirilis La Gazzetta dello Sport, bek timnas Italia itu menerima gaji 6,5 juta euro per musim.

Gaji Bonucci naik 1 juta euro dari musim sebelumnya. Itu tak terlepas dari perpanjangan kontrak yang ditandatangani pada November tahun lalu. Kala itu, bek berumur 33 tahun tersebut sepakat bertahan di Stadion Allianz hingga 2024.

Leonardo Bonucci kini jadi pemain lokal bergaji tertinggi di Serie A.
tuttomercatoweb.com

Ini merupakan kali kedua Leonardo Bonucci menjadi pemain lokal bergaji tertinggi di Serie A dalam 4 musim terakhir. Sebelumnya, dia memuncaki daftar saat bergabung dengan AC Milan pada 2017-18. Kala itu, dia bahkan menerima gaji lebih tinggi, yakni 7,5 juta euro.

Bukan hanya kalah di daftar pemain lokal bergaji tinggi, Donnarumma juga bukan lagi penerima gaji terbesar di AC Milan. Musim ini, gajinya kalah dari striker gaek Zlatan Ibrahimovic yang dikabarkan menerima 7 juta euro per tahun.

Pemain Lokal Bergaji Tertinggi Masih Jauh dari Ronaldo

Meskipun memuncaki daftar pemain lokal bergaji tertinggi dengan melewati Gianluigi Donnarumma, pendapatan Leonardo Bonucci masih belum seberapa. Dia masih terpaut jauh dari Cristiano Ronaldo yang dibayar Juventus sebesar 31 juta euro per tahun.

Sejak musim lalu, Ronaldo memang jadi pemain dengan gaji tertinggi di Serie A. Megabintang asal Portugal itu pun unggul jauh dari para pemain lain. Di posisi kedua, seperti musim lalu, pemain dengan gaji terbesar adalah Matthijs de Ligt. Bek timnas Belanda itu menerima 8 juta euro per tahun.

Gaji Cristiano Ronaldo belum tertandingi pemain mana pun di Italia.
tuttomercatoweb.com

Secara keseluruhan, total gaji yang dibayarkan klub-klub Serie A musim ini mengalami penurunan sebesar 72 juta euro. Musim ini, total gaji pemain di Serie A berjumlah 1,288 miliar euro. Sementara itu, musim lalu, pengeluaran gaji mencapai 1,36 miliar euro.

Penurunan itu tak terlepas dari pemangkasan anggaran gaji oleh klub-klub. Pemangkasan terbesar dilakukan Juventus. Klub Bonucci itu memangkas beban gaji sebesar 58 juta euro berkat pelepasan beberapa pemain. Salah satunya Gonzalo Higuain yang bergaji 7,5 juta euro.

Pemangkasan juga dilakukan AC Milan. Klub Gianluigi Donnarumma tersebut menurunkan pengeluaran gaji dari 115 juta euro ke 90 juta euro. Sementara itu, pengeluaran gaji Inter Milan justru naik dari 139 juta euro menjadi 149 juta euro.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More