Gol Bunuh Diri Konyol Kiper Juara Dunia

Football5star.com, Indonesia – Blunder dalam sepak bola bisa dilakukan oleh siapa saja. Termasuk oleh penjaga gawang kawakan asal Jerman, Ron-Robert Zieler saat membela timnya, VfB Stuttgart menghadapi Werder Bremen.

Akibat koordinasi  yang kurang baik dengan barisan belakang, mantan kiper Manchester City tersebut melakukan tindakan fatal hingga berujung gol bagi tim lawan. Awalnya, Borna Sosa  melakukan lemparan ke dalam ke Zieler, namun sang kiper sedang dalam posisi kurang siap.

Alhasil, bola meluncur ke arah gawang dan tak banyak yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan gawang dari kebobolan. Sebelumnya, bola terlebih dahulu mengenai bagian ujung kaki Zieler yang membuat gol tersebut sah.

“Ketika itu ada pergantian pemain dan aku tidak mendengarnya. Ketika menoleh, aku terkejut sebagaimana yang lain,” kata Zieler dikutip dari Welt.

Padahal, seandainya bola tidak menyentuh siapa pun, maka hitungannya adalah sepak pojok untuk Bremen dan peluang gol bisa diminimalisir. Hal tersebut tertuang dalam Laws of the Game yang dirilis FIFA.

“Jika bola masuk ke gawang pelempar, maka hitungannya adalah gol. Jika bola masuk ke gawang lawan pelempar, maka statusnya adalah sepak pojok,” demikian peraturan FIFA.

Kesalahan konyol yang dilakukan kiper Jerman bukan kali ini saja terjadi. Tahun lalu, ada kiper kiper Duisburg, Mark Flekken, yang harus menerima gawangnya kebobolan ketika sedang mengambil botol air di belakang gawang.

Kemudian yang paling diingat publik tentu adalah Loris Karius pada final Liga Champions musim lalu. Dua kesalahannya saat menghadapi Madrid membuat harapan The Reds untuk juara keenam kalinya pupus.

Comments
Loading...