Gol Cristiano Bawa Juventus Berjaya di Jeddah

Football5star.com, Indonesia – Cristiano Ronaldo membawa Juventus berjaya di Jeddah. Satu-satunya gol Cristiano di babak kedua membuat Juventus menjadi jawara Super Coppa Italia 2018 yang digelar di Stadion King Abdullah Sports City. Ini menjadi gelar pertama Juventus di tahun 2019.

Kemenangan atas AC Milan ini membuat Si Nyonya Tua berhasil revans setelah di tahun 2016 mereka takluk dari AC Milan dalam ajang yang sama. Pada tahun 2017, mereka juga gagal menjadi juara Super Coppa Italia setelah takluk dari Lazio.

Jalannya Pertandingan

Babak pertama dibuka dengan AC Milan yang memulai inisiatif serangan. Poros serangan Rossoneri di babak pertama lebih banyak bertumpu di sisi sebelah kiri mereka.

Meski begitu, peluang pertama di pertandingan ini lahir dari kaki penyerang sayap cepat Brasil, Douglas Costa. Sepakan kaki kiri Costa di menit ke-4 masih melebar di sebelah kanan gawang Gianluigi Donnarumma.

Milan mencoba membalas serangan Juventus lewat kombinasi Hakan Calhanoglu dan pemain anyar mereka, Lucas Paqueta. Umpan Paqueta secara tak sengaja mengenai Calhanoglu dan hanya berbuah tendangan ke gawang.

Di menit ke-34, Juventus memimpin lewat sepakan Blaise Matuidi. Sayang, posisi Matuidi lebih dulu offside dan dianulir oleh wasit, Luca Banti. Hingga babak pertama usai. Skor masih sama kuat 0-0.

Babak kedua dibuka dengan tendangan kaki kiri Patrick Cutrone yang masih membentur tiang gawang di menit ke-48. Berawal dari pergerakan Calhanoglu, Cutrone yang sendirian melepaskan sepakan kaki kiri.

Di menit ke-54, ada kejadian ketika pemain Juventus meminta Banti memberikan hadiah penalti. Itu terjadi ketika bola hasil sepakan Cristiano Ronaldo membentur tangan Cristian Zapata. Banti bergeming.

Di menit ke-61, Juventus berhasil unggul. Kali ini lewat sundulan Cristiano yang memanfaatkan umpan Miralem Pjanic. Pemain AC Milan meminta wasit menggunakan VAR karena merasa Cristiano telah berada dalam posisi offside. Namun wasit tetap mengesahkan gol Cristiano dan membuat Juventus unggul.

Pada menit ke-74, AC Milan harus bermain dengan sepuluh orang setelah Kessie mendapatkan kartu merah. Keputusan ini dihasilkan setelah Kessie melanggar dengan keras Emre Can. Awalnya, Banti memberikan kartu kuning, namun setelah melihat VAR, ia memberikan kartu merah.

Hingga wasit Luca Banti meniup peluit panjang, skor tak berubah, 1-0 untuk kemenangan Juventus.

Football5star - Twitter @Juventusfcen
Twitter @Juventusfcen

Statistik Menarik

  • Ini menjadi pertandingan kedua Juventus musim ini yang gagal mencatatkan tendangan ke gawang di babak pertama
  • Kemenangan pertama Juventus di Super Coppa Italia setelah di dua kesempatan sebelumnya mereka kalah dari AC Milan dan Lazio
  • Ini menjadi gelar ke-8 Si Nyonya Tua dalam pertandingan Super Coppa Italia
  • Gelar perdana Cristiano Ronaldo bersama Juventus

Susunan Pemain

Juventus (4-3-3): 1-Wojciech Szczesny; 20-Joao Cancelo, 19-Leonardo Bonucci, 3-Giorgio Chiellini, 12-Alex Sandro; 30-Rodrigo Bentancur (Federico Bernardeschi 86′), 5-Miralem Pjanic (Emre Can 65′), 14-Blaise Matuidi; 11-Douglas Costa (Sami Khedira 89′), 10-Paulo Dybala, 7-Cristiano Ronaldo

Pelatih: Massimiliano Allegri

AC Milan (4-3-3): 99-Gianluigi Donnarumma; 2-Davide Calabria, 17-Cristian Zapata, 13-Alessio Romagnoli, 68-Ricardo Rodriguez; 79-Franck Kessie, 14-Tiemou Bakayoko, 39-Lucas Paqueta (Fabio Borini 71′) ; 7-Samu Castillejo (Gonzalo Higuain 70′), 63-Patrick Cutrone (Andrea Conti 79′), 10-Hakan Calhanoglu

Pelatih: Gennaro Gattuso

Kartu Kuning: Alex Sandro 26′, Miralem Pjanic 44′, Paulo Dybala 90′; Hakan Calhanoglu 21′, Samu Castillejo 45′, Davide Calabria 82′, Ricardo Rodriguez 87′

Kartu Merah: Franck Kessie 73′

Wasit: Luca Banti (Italy)

Stadion: King Abdullah Sports City

Comments
Loading...