Gol James Rodriguez Menangkan Kolombia Saat Menjamu Bolivia

Timnas Kolombia menghidupkan peluang untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah menang 1-0 saat menjamu Bolivia dalam babak kualifikasi zona Amerika Selatan di Stadion Metropolitano Roberto Melendez, Kamis (23/3/2017).

Sebelumnya, Kolombia gagal meraih kemenangan dalam tiga laga kualifikasi beruntun dan gagal mencetak gol dalam dua partai terakhir. Gol semata wayang James Rodriguez ke gawang Bolivia akhirnya memutus tren negatif anak asuh Jose Pekerman.

Tampil tanpa bomber andalan, Radamel Falcao, yang mengalami cedera, Kolombia mampu menekan pertahanan Bolivia sejak babak pertama. Dua peluang yang masing-masing didapatkan Luis Muriel dan Yerry Mina hanya menerpa mistar gawang.

Tuan rumah mendapat hadiah penalti saat waktu normal tersisa tujuh menit menyusul pelanggaran Cristian Coimbra kepada Juan Cuadrado. Penalti Rodriguez dihalau kiper Bolivia, Carlos Lampe, tetapi dia berhasil menyambar bola liar dan mencetak gol kemenangan Kolombia.

Berkat tambahan tiga poin dari laga ini, Kolombia untuk sementara menempati urutan ketiga klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Amerika Selatan dengan 21 poin dari 13 pertandingan. Sementara itu, kekalahan beruntun dalam tujuh laga terakhir, termasuk saat menantang Kolombia, membuat Bolivia belum beranjak dari posisi kedua terbawah dengan tujuh poin.