Kalahkan Jepang, Arab Saudi Pastikan Lolos ke Piala Dunia

Football5star.com, Indonesia – Arab Saudi berhasil mewujudkan mimpi mereka untuk kembali berlaga di Piala Dunia. Terakhir kali negeri petro dolar tersebut berlaga di ajang sepak bola terbesar dunia adalah ketika di Jerman pada 2006. Bertanding King Abdullah Sports City, Jeddah, tim asuhan Bert Van Marwijk membutuhkan kemenangan untuk geser Australia dari peringkat kedua Grup B.

Tidak ada gol yang tercipta dari kedua tim pada babak pertama. Pertandingan baru memanas di paruh kedua pertandingan. Nagatomo mengancam gawang tuan rumah di menit ke-47. Sayang, usahanya masih belum menemui sasaran. Menit ke-49, Jepang kembali mengancam lewat Hiroki Sakai, akan tetapi tendangannya masih bisa diantisipasi oleh barisan belakang Arab Saudi yang dipimpin oleh Salman Al-Faraj.

Kedua tim bergantian saling serang. Tendangan Taisim Al-Jassim di menit ke-52 masih sedikit melebar dari gawang Jepang yang dikawal Kawashima. Gawang tuan rumah kembali terancam. Melalui serangan balik cepat, Jepang bisa saja memecah kebuntuan andai tendangan Genki Haraguchi tidak melebar jauh dari gawang.

Kawashima melakukan penyelamatan brilian saat menggagalkan tendangan Fahad Al-Muwallad di menit ke-53. Sundulan Shinji Okazaki masih melebar tipis di menit ke-60. Tuan rumah baru bisa memecah kebuntuan saat memasuki menit ke-63. Tendangan keras Al-Muwallad ke arah sudut gawang Jepang tidak mampu diantisipasi oleh Kawashima.

Tendangan Yuya Kubo di menit ke-89 hampir saja mengubur mimpi Arab Saudi bermaindi Piala Dunia. Beruntung, tendangannya masih terlalu lemah dan melebar dari gawang Green Falcon.

Susunan pemain:

Arab Saudi: Abdullah Al-Maiouf, Nawaf Al-Abed, Salman Al-Faraj, Mansour Al-Harbi, Taisir Al-Jassim, Mohammad Al-Sahlawi, Yasir Al-Sharani, Yehya Al-Shehri, Osama Hawsawi, Omar Hawsawi, Abdullah Otayf.

Jepang: Eiji Kawashima, Genki Haraguchi, Keisuke Honda, Yosuke Ideguchi, Yuto Nagatomo, Shinji Okazaki, Hiroki Sakai, Gaku Shibasaki, Gen Shoji, Hotaru Yamaguchi, Maya Yoshida.

Comments
Loading...