Gordon Banks, Kiper Legendaris Inggris, Meninggal Dunia

Football5star.com, Indonesia – Publik sepak bola Inggris sedang diselimuti awan duka. Kiper legendaris mereka, Gordon Banks, meninggal dunia di usia 81 tahun.

Diduga kuat Gordon Banks meninggal karena penyakit komplikasi yang sudah menggerogotinya selama bertahun-tahun. Apalagi pandangan matanya sudah berkurang sejak setahun terakhir akibat kecelakaan yang ia alami.

gordon banks meninggal
mirror.co.uk

Pihak keluarga sangat terpukul dengan ketiadaan mantan pemain Leicester City ini. “Dengan sedih kami mengumumkan bahwa Gordon sudah meninggal dengan damai tadi malam. Kehilangan ini membuat kami merasa hancur,” kata pihak keluarga seperti dilansir Mirror, Selasa (12/2/2019).

“Kami punya begitu banyak kenangan indah dengan Gordon. Tidak ada yang lebih membanggakan kami selain dirinya,” kenang pihak keluarga yang tidak disebutkan namanya itu.

Nama Gordon Banks tersohor pada Piala Dunia 1966 di Inggris. Dia pula yang berjasa membawa The Three Lions memenangkan Piala Dunia pertamanya usai meraih kemenangan 4-2 atas Jerman Barat di final.

Total pria yang gantung sepatu pada 1973 ini sudah mengemas 73 caps bersama Timnas Inggris. Selain sukses merengkuh trofi Piala Dunia, salah satu performa menawannya bersama tim nasional ia tunjukkan keitka mampu menepis sundulan Pele di Piala Dunia 1970.

Berkat penampilan gemilangnya di Piala Dunia pula, nama Banks masuk dalam daftar kiper terbaik FIFA selama enam kali.

Sukses bersama timnas juga diikuti kesuksesan di tingkat klub. Ia berhasil mengantar Stoke City dan Leicester City menjuarai Piala Liga pada 1964 dan 1967.

Comments
Loading...