Guardiola Minta Pemerintah Spanyol Bebaskan Warga Katalonia

Football5star.com, Indonesia – Manajer Manchester City, Pep Guardiola, berharap agar para warga dan pejuang kemerdekaan Katalonia yang menjadi tahanan politik pemerintah Spanyol untuk segera dibebaskan. Situasi politik di kampung halamannya itu sedang memanas setelah beberapa pejuang kemerdekaan Katalonia ditangkap oleh kepolisian Spanyol.

Pep Guardiola
thesun.co.uk

Hal itu akibat dari gerakan yang dibangun untuk memerdekakan diri dari Negeri Matador. Sebelumnya, di awal Oktober, publik Katalonia mengadakan referendum dan hasinya 90% memilih untuk merdeka.

Ia  juga mengecam penangkapan tersebut karena menurutnya akan merusak tatanan demokrasi disana. Selain itu, menurutnya referendum yang dilakukan tergolong legal dan sah.

“Saya berharap agar para warga dan pejuang kemerdekaan Katalonia yang dipenjarakan segera dibebaskan. Saya khawatir karena apa yang terjadi pada mereka bisa terjadi pada kita karena memberi pendapat, itu bisa terjadi pada siapa saja,” harap Guardiola dikutip dari football365.com, Sabtu (4/11/2017).

“Ini sedikit menakutkan. Kita akan mundur mengalami kemunduran dalam hal berdemokrasi. Kita juga telah mengalami kemunduran dalam peraturan hukum,” imbuhnya.

Selain itu, ia berharap pemerintah Spanyol dan Katalonia untuk duduk bersama membahas permasalahan tersebut. Ia menuntut pihak Spanyol untuk segera mengakui kemerdekaan Katalonia agar permasalahan di sana segera berakhir.

“Saya pikir pemerintah Spanyol dan pemerintah Katalonia harus duduk dan berbicara bersama. Mereka herus mencoba untuk menyetujui referendum untuk kepentingan kedua belah pihak,” katanya.

 

Comments
Loading...