Guendogan: Aku Sangat Terpukul!

Football Live Star Football5star.com, Indonesia – Gelandang timnas Jerman, Ilkay Guendogan, mengaku sangat terpukul oleh reaksi orang-orang terkait fotonya dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Dia menilai tekanan publik Jerman sungguh berlebihan.

“Beberapa reaksi yang muncul benar-benar memukulku. Terutama hinaan-hinaan personal. Aku paham bahwa mereka menilai hal yang kulakukan tidaklah bagus,” kata Guendogan, Selasa (5/6/2018), seperti dikutip Football5Star.com dari Bild.

Ilkay Guendogan saat timnas Jerman menghadapi Austria.
foxsports.co.th

Pemain yang kini membela Manchester City tersebut menegaskan, tindakannya hanyalah basa-basi, bukan sebuah pernyataan politik seperti yang ditafsirkan banyak pihak. Bagaimanapun, kata dia, dirinya harus menghormati pemimpin dari negara leluhurnya.

“Karena akar Turki yang ada, kami masih memiliki ikatan kuat dengan Turki. Namun, itu berarti bahwa kami mengatakan Tuan (Frank-Walter) Steinmeier bukan presiden kami dan Nyonya (Angela) Merkel bukan kanselir kami. Itu sama sekali bukan sebuah pernyataan politik!” tandas pemain berumur 27 tahun itu.

Lebih jauh, Guendogan merasa sangat terganggu oleh siulan para fans timnas Jerman saat melawan Austria. Dia berharap hal itu tak terulang saat menghadapi Arab Saudi, Kamis (7/6/2018).

“Aku sudah terbiasa disiuli para fans lawan. Namun, ketika disiuali fans tim sendiri, itu sungguh sulit diterima. Kita lihat saja bagaimana nanti di Leverkusen (saat lawan Arab Saudi),” keluh dia.

Meskipun merasa terpukul dan terganggu oleh reaksi negatif yang timbul dari foto bersama Erdogan itu, Guendogan tak mau menyerang balik. Dia menilai itu bagian dari kebebasan berekspresi yang sangat dijunjung tinggi Jerman. Satu-satunya yang membuat dia tak bisa terima adalah hinaan-hinaan personal yang dialamatkan kepadanya.

Comments
Loading...