Guinness World Records Konfirmasi Tom King Lewati Rekor Asmir Begovic

Football5Star.com, Indonesia – Lembaga yang biasa mencatat rekor yang terjadi di dunia, Guinness World Records, telah mengumumkan rekor baru di sepak bola. Kiper Newport County, Tom King, kini resmi melampaui rekor milik Asmir Begovic.

Rekor baru yang dibuat King adalah gol terjauh yang tercipta pada sebuah pertandingan sepak bola. Pada Selasa (18/1/2021), dia membuat gol dari jarak 96,01 meter. Gol tersebut dibuat saat Newport menghadapi Cheltenham Town dalam laga League Two.

King membuat gol saat pertandingan beejalan 12 menit. Dia melepaskan tendangan gawang spektakuler yang langsung menuju gawang Cheltenham. Bola yang sempat memantul lantas melewati kepala kiper lawan, Joshua Griffiths, dan masuk ke gawang.

King ternyata mampu melampaui rekor lama yang dibuat Asmir Begovic, tujuh tahun silam. Pada 2 November 2013, kiper asal Bosnia-Herzegovina itu membuat gol dari jarak 91,9 meter. Gol itu dibuat ketika dia memperkuat Stoke City melawan Southampton.

Berbeda dari gol King, gol Begovic tak dibuat dari tendangan gawang. Dia melepaskan tendangan jauh setelah menerima umpan dari rekannya. Di tengah cuaca dingin, bola yang ditendang Begovic melesat dan mengecoh kiper Southampton, Artur Boruc. Hal yang luar biasa, gol itu terjadi hanya 13 detik setelah wasit memulai pertandingan.

Tendangan spektakuler Begovic kala itu menjadi catatan rekor baru. Itulah gol pertama yang tercipta dari jarak lebih dari 100 yard. Gol itu lebih jauh dari gol Tim Howard, Andy Lonergan, dan Mohd Syamsuri Mustafa yang sama-sama mencetak gol dari jarak 95-100 yard.ย 

King Akui Manfaatkan Angin

Soal golnya yang mematahkan rekor Asmir Begovic, Tom King tak malu-malu mengakui faktor angin. Dia pun menegaskan, gol itu sebenarnya kebetulan saja karena memang tendangannya tak dimaksudkan untuk menjebol gawang Cheltenham.

“Aku senang dapat membantu rekan-rekanku, tapi itu tidak disengaja. Kami sudah mengetahui soal angin sebelumnya saat melakukan pemanasan. Kami coba memanfaatkannya dan syukurlah itu masuk,” ujar Tom King selepas laga seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi Newport.

King lebih lanjut menjelaskan, dia sebetulnya ingin memberikan umpan jauh kepada Padraig Amond. “Aku coba memberikan bola kepada dia, tapi bola memantul dan meluncur melewati kiper dengan bantuan angin,” ucap dia.

Satu hal yang menarik, Tom King ternyata bersahabat dengan Asmir Begovic karena pernah bersama-sama di Portsmouth. Dia yakin kiper asal Bosnia-Herzegovina itu tak akan marah rekornya patah.

“Aku sebetulnya cukup berkawan baik dengan Asmir. Jadi, mungkin aku akan mengirim pesan dan menanyakan berapa jauh golnya dan aku akan mengukur golku,” kata Tom King. “Aku berstatus trainee di Portsmouth saat dia jadi kiper utama. Dia pasti akan tertawa. Aku yakin itu.”

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More