Gullit Minta Maaf Atas Video di Ruang Ganti Belanda

Football5Star.com, Indonesia – Setelah video di ruang ganti Timnas Belanda gempar di media sosial, Ruud Gullit akhirnya buka suara atas rekaman yang ia unggah itu. legenda Negeri Kincir ini pun meminta maaf atas kelalaiannya tersebut. Sebelumnya, Dick Advocaat sudah terlebih dahulu mengecam tindakannya.

Dalam video tersebut, terlihat para pemain sedang asyik melihat gawai masing-masing. Pertandingan melawan Bulgaria itu berhasil dimenangkan Belanda 3-1. Hasil ini pun membuka peluang Wesley Sneijder dan kolega menuju Piala Dunia Rusia 2018.

“Saya membuat rekaman tersebut dengan antusias tinggi karena kami memenangkan pertandingan. Namun, saya menyadari hal itu sangat salah dan seharusnya tidak saya lakukan,” kata Gullit dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan KNVB, Selasa (5/9/2017).

Pengakuan Gullit ini pun disambut baik oleh Advocaat yang sebelumnya berang dengan beredarnya video itu.”Saya tidak berpikir itu adalah ide yang bagus dari Ruud. Tapi kita harus mengapresiasi sikapnya yang langsung minta maaf. Dan kejadian ini sudah selesai,” ungkap sang pelatih.

Sebelumnya banyak yang mengecam tindakan pemilik 66 caps bersama De Oranje ini. Salah satu pengamat sepak bola Belanda bahkan menginginkan Gullit meletakkan jabatannya sebagai Asisten Pelatih. Ia dianggap telah menyebarkan kesucian ruang ganti pemain.

Sikap publik Belanda ini memang berbeda dari negara-negara lain. Sebagai perbandingan, di Amerika, wartawan diizinkan masuk ke ruang ganti pemain seusai laga untuk mewawancarai mereka.

BelandaDick AdvocaatKualifikasi Piala Dunia 2018Ruud Gullit