Hadapi COVID-19, Wasit Spanyol Banting Setir Jadi Perawat

Football5star.com, Indonesia – Wasit sepak bola asal Spanyol, Iragartze Fernandez, memutuskan untuk beralih profesi menjadi perawat untuk bantu menghadapi serangan COVID-19. Menurut Fernandez, ia hanya melakukan tugasnya demi keselamatan bersama.

Fernandez memang memiliki latar belakang sebagai seorang perawat. Wanita berusia 26 tahun itu sempat mengenyam pendidikan medis selama lima tahun di Bilbao. Ia menjadikan wasit sebagai pekerjaan paruh waktunya.

“Ketika ada seseorang yang datang dengan kondisi batuk dan demam, tugas pertama saya adalah memeriksa mereka sambil mengenakan alat-alat pelindung yang lengkap,” ujar Iragartze Fernandez seperti dikutip football5star.com dari laman AFP.

Iragartze Fernandez - COVID-19 - AFP
AFP

“Kami memiliki resiko yang sangat besar untuk terkontaminasi. Pekerjaan ini membuat saya sangat stres karena kami semua menghadapi lawan yang tak bisa dilihat. Hal ini pun membuat kami selalu berada dalam tekanan,” kata Fernandez menambahkan.

Lebih lanjut, Fernandez juga merasa sangat senang dengan penghargaan yang diberikan publik Spanyol kepada para tenaga medis. Ia mengaku hampir tak pernah mendapatkan ucapan terima kasih sebagai seorang perawat sebelum serangan COVID-19.

“Rasanya luar biasa ketika saya mendapatkan tepuk tangan setiap malam. Saya sudah bekerja selama dua tahun di sini dan sebelumnya hampir tak ada pasien yang mengucapkan terima kasih. Saya merasa sangat senang karena kerja keras kami selama ini akhirnya dihargai orang banyak,” tandas Fernandez.