Hadapi Madrid, PSG Sudah Belajar Banyak dari Barcelona

Football5Star.com, Indonesia – Paris Saint-Germain (PSG) mendapat pengalaman buruk pada musim lalu. Menghadapi Barcelona pada babak 16-besar Liga Champions, PSG tersingkir secara tragis. Sempat unggul 4-0 pada leg I, mereka gagal ke perempat final karena dihajar 1-6 di Camp Nou pada leg II. Namun, pelatih Unai Emery menilai mimpi buruk itu tak menghantui timnya saat menghadapi Real Madrid.

Sebaliknya, menurut Emery, kekalahan menyesakkan dari Barcelona itu adalah tonik tersendiri bagi Edinson Cavani dkk. Ada banyak pelajaran penting yang mereka dapatkan untuk menghadapi tim-tim besar lain. Tak terkecuali Madrid yang akan dihadapi pada Kamis (15/2/2018) dinihari WIB itu.

PSG tampil apik di fase grup meski sempat dikalahkan Bayern Munich.
guardian.ng

“Mungkin persiapan kami untuk laga ini dimulai pada pertandingan (di Barcelona) tersebut,” terang Emery seperti dikutip The Guardian, Selasa (13/2/2018). “Itu memberi kami pengalaman untuk membuat semuanya lebih baik pada saat ini. Kami telah membicarakan laga itu. Tidak sering, tapi sangat jelas.”

Lebih jauh, mantan pelatih Valencia dan Sevilla itu menambahkan, “Dalam momen-momen seperti itu, pada keadaan-keadaan itu, kami bisa belajar banyak. Kami jauh lebih siap untuk berkompetisi pada level ini sekarang.”

Hal itu juga ditegaskan bek tengah Marquinhos. “Itu kisah dua laga yang benar-benar berbeda. Satu adalah yang terbaik, satu lagi yang terburuk sepanjang musim. Kami telah belajar dari hal itu. Pelajaran terpentingnya, kami harus menunjukkan identitas saat tandang seperti halnya saat menjalani laga kandang. Kami harus bermain dengan keberanian dan identitas yang jelas,” tutur dia.

Pelajaran itu memang sangat penting karena Les Parisiens tak punya rekor apik di tanah Spanyol. Dalam empat lawatan terakhir, semuanya ke Camp Nou milik Barcelona di Liga Champions, mereka selalu kalah. Kemenangan terakhir di Negeri Matador diraih PSG pada 12 Februari 2013 di kandang Valencia dengan skor 2-1.

Comments
Loading...