Hadapi Timnas Belanda, Cristiano Ronaldo Punya Rekor Bagus

Football5Star.com, Indonesia – Senin (10/6/2019) dini hari WIB, laga final UEFA Nations League A akan dihelat di Stadion Do Dragao, Porto. Timnas Portugal yang dipimpin Cristiano Ronaldo akan menghadapi timnas Belanda yang dipenuhi bintang muda.

Meskipun hanya turnamen kelas dua, UEFA Nations League tetap ingin dimenangi oleh CR7. Hal itu diungkapkan dalam wawancara dengan situs resmi UEFA beberapa hari lalu. Dia ingin trofi UEFA Nations League bersanding dengan trofi Piala Eropa yang diraih timnas Portugal pada 2016.

Berbekal hat-trick yang dicetak ke gawang timnas Swiss pada babak semifinal, Cristiano Ronaldo akan kembali jadi andalan pelatih Fernando Santos. Apalagi, pemain Juventus tersebut punya catatan positif saat menghadapi timnas Belanda.

Cristiano Ronaldo saat timnas Portugal melawan timnas Belanda pada Piala Eropa 2012.
nytimes.com

Bagi pemain berumur 34 tahun itu, laga di Stadion Do Dragao nanti merupakan kesempatan keenam menghadapi timnas Belanda. Pada lima kesempatan terdahulu, timnas Portugal berhasil meraih tiga kemenangan, sekali imbang, dan sekali menelan kekalahan.

Secara pribadi, Cristiano Ronaldo punya catatan lumayan bagus. Dari lima pertemuan terdahulu, dia mampu mencetak gol dalam tiga laga. Total, ada empat gol yang dilesakkan peraih lima trofi Ballon d’Or itu ke gawang De Oranje.

Satu gol dilesakkan CR7 saat Seleccao das Quinas bersua De Oranje pada semifinal Piala Eropa 2004. Kala itu, timnya menang 2-1 dan lolos ke final. Berikutnya, dua gol dibuat saat bersua pada fase grup Piala Eropa 2012. Dua gol tersebut lagi-lagi membawa kemenangan 2-1. Setelah itu, satu gol dibuat saat timnas Portugal dan timnas Belanda bermain 1-1 pada uji tanding yang digelar pada 2013.

Meskipun demikian, ada satu catatan yang perlu diperhatikan Cristiano Ronaldo. Tren timnas Portugal saat melawan timnas Belanda cenderung menukik. Bersama CR7, Seleccao das Quinas merebut tiga kemenangan, lalu seri, dan terakhir kalah telak 0-3.

Hal yang menjadi catatan penting bagi Cristiano Ronaldo dan timnas Portugal, kekalahan pada pertemuan terakhir dialami saat timnas Belanda sudah ditangani Ronald Koeman.

Comments
Loading...