Hajar LASK, Manchester United Samai Rekor 55 Tahun Silam

Football5Star.com, Indonesia – Manchester United menuai kemenangan besar atas LASK pada leg I babak 16-besar Liga Europa. Dalam laga yang berlangsung di kandang lawan, Jumat (13/3/2020) dini hari WIB, tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer menang 5-0.

Pada laga itu, Manchester United tampil sangat dominan. Sepanjang pertandingan, Bruno Fernandes cs. melepaskan 22 tembakan yang 10 di antaranya tepat mengarah ke gawang LASK. Adapun sang lawan hanya melepaskan 8 tembakan tanpa satu pun yang mengancam gawang Sergio Romero.

Pesta gol Red Devils dibuka Odhion Ighalo pada menit ke-28. Itu juga jadi satu-satunya gol yang tercipta pada babak pertama. Namun, pada babak kedua, empat gol beruntun dilesakkan Daniel James, Juan Mata, Mason Greenwood dan Andreas Pereira.

Kemenangan 5-0 di kandang LASK itu membawa Manchester United menyamai rekor kemenangan tandang terbesar pada fase gugur kancah antarklub Eropa yang telah bertahan 55 tahun. Pada 12 Mei 1965, Red Devils menang 5-0 di kandang Racing Strasbourg. Itu adalah laga leg I perempat final Piala Fairs.

Saat itu, Manchester United antara lain diperkuat Bobby Charlton, Paddy Crerand, Bill Foulkes, Dennis Law, dan si flamboyan George Best. Law mencetak brace, sedangkan Charlton membukukan satu gol. Adapun dua gol lainnya dilesakkan John Connelly dan David Herd.

Setelah kemenangan besar yang dibukukan di kandang Strasbourg itu, Manchester United tak pernah lagi dapat mengulanginya. Tidak pula saat Red Devils ditangani Sir Alex Ferguson dan berjaya di Liga Champions. Rekor itu baru dapat disamai bersama Ole Gunnar Solskjaer pada ajang Liga Europa di kandang LASK.