Hajar Sporting CP, FC Porto Pastikan Juara Liga Portugal 2019-20

Football5Star.com, Indonesia – FC Porto memastikan diri tampil sebagai juara Liga Portugal 2019-20. Kepastian tersebut didapatkan setelah tim asuhan Sergio Conceicao tersebut menang 2-0 atas Sporting CP pada pekan ke-32, Kamis (16/7/2020) dini hari WIB.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Do Dragao, FC porto harus menunggu hingga babak kedua untuk menjebol gawang tim tamu. Tandukan Danilo menyambut sepak pojok Alex Telles membuka keunggulan tuan rumah pada menit ke-64.

Porto menggandakan keunggulan saat laga memasuki menit pertama injury time. Sodoran umpan Otavio dimaksimalkan menjadi gol oleh striker Moussa Marega. Kedudukan 2-0 bertahan hingga akhir dan memastikan O Dragoes tampil sebagai juara Liga Portugal 2019-20.

Tambahan tiga poin dari laga melawan Sporting CP membuat Porto mengumpulkan 79 poin. Mereka unggul 8 poin dari sang rival utama, Benfica, yang sehari sebelumnya menang 2-0 atas Vitoria Guimaraes. Perolehan poin mereka tak akan terkejar lagi karena hanya ada dua laga tersisa.

Gelar ini merupakan yang ke-29 bagi Porto. Sebelumnya, kali terakhir mereka menjuarai Liga Portugal pada 2017-18. Adapun bagi Sergio Conceicao, ini merupakan gelar keduanya sebagai pelatih.

Manfaatkan Kemunduran Benfica

Perjalanan FC Porto menjuarai Liga Portugal 2019-20 lumayan berliku. Sepanjang musim, mereka bersaing ketat dengan Benfica. Sang rival bahkan selalu bertengger di puncak klasemen dari pekan ke-9 hingga 22.

Porto mengambil alih puncak klasemen pada pekan ke-23, tapi kembali tergeser pada pekan ke-25. O Dragoes kembali memuncaki klasemen pada pekan berikutnya, tapi lagi-lagi tergeser oleh Benfica pada pekan ke-27.

Danilo cs. baru dapat melepaskan diri dari Benfica padapekan ke-28. Kala itu, mereka memuncaki klasemen dengan keunggulan 3 poin atas sang rival yang kalah 3-4 di kandang sendiri dari Santa Clara. pekan berikutnya, selisih poin bertambah menjadi 6 poin setelah Benfica takluk 0-2 dari Madeira.

Setelah itu, langkah FC Porto ke podium juara tak terbendung lagi. Kepastian pun diraih lewat kemenangan 2-0 atas Sporting CP pada pekan ke-32. Hasil tersebut pun tak ayal disambut suka cita para pendukung O Dragoes.

Seperti dilaporkan Record, begitu wasit menyudahi pertandingan, para fan Porto yang berada di luar Stadion Do Dragao berpesta. Mereka melupakan semua protokol kesehatan terkait pandemi COVID-19 demi merayakan gelar juara Liga Portugal 2019-20 yang baru diraih anak-anak asuh Sergio Conceicao.

BenficaFC PortoLiga PortugalSergio ConceicaoSporting CP