Hak Siar Liga 1 Lebih Mahal 5 Kali Lipat dari Liga Inggris

Football5Star.com – Hak siar Liga 1 Indonesia dianggap lebih mahal dari Liga Inggris. Hal itu diungkapkan oleh Eks Direktur Utama (Dirut) TVRI, Helmy Yahya dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) di DPR RI.

Seperti diketahui, persoalan Liga Inggris di TVRI sempat menjadi perbincangan. Tersingkirnya Helmy dari posisi Dirut TVRI karena memilih untuk menyiarkan Liga Inggris.

Dalam RDPU dengan DPR, Helmy akhirnya buka-bukaan soal harga hak siar. Dia menyebut kalau hak siar Liga 1 lebih mahal hingga lima kali lipat dari Liga Inggris.

Best XI Liga 1 - Bali United - PT LIB - RRI

“Kalau ada yang bertanya, kenapa (TVRI) tidak membeli Liga Indonesia, Liga Indonesia harganya empat kali atau lima kali lipat dari Liga Inggris,” ungkap Helmy dikutip dari CNN.

TVRI, lanjut dia, hanya membayar 2 juta US dolar untuk mendapatkan hak siar Liga INggris. Bahkan jumlahnya hingga 76 pertandingan dan konten-konten lainnya.

“Harganya US$3 juta, US$1 juta itu komitmen diambil iklannya. Kami cuma bayar US$2 juta dolar. Kalau dihitung dapat 76 game, dapat preview, dapat highlight (selama) 1 jam (dalam) 38 minggu dapat after match 1 jam setelah match,” sambung dia.

Menurutnya, program Liga Inggris jua termasuk sebagai sebuah perkenalan buat penonton. “Orang melihatnya dan dia akan masuk lalu dia akan belanja program-program yang lain yaitu sosialisasi kami, pendidikan kami, dan sebagainya,” tutup dia.

Comments are closed.