Hakan Sukur, Legenda Besar Turki yang Kini Jadi Sopir Taksi Online

Football5star.com, Indonesia – Nama Hakan Sukur selama ini dikenal sebagai legenda terbesar yang pernah dimiliki Turki. Tapi kehebatannya selama berkarier di dunia sepak bola sepertinya tidak berbekas ketika sudah gantung sepatu.

Siapa sangka jika pemain yang harum namanya saat membawa Turki menempati peringkat ketiga Piala Dunia 2002 kini menjadi sopir taksi online di negaranya. Hal ini dia ungkapkan kepada media Jerman, Welt am Sonntag.

Ia mengatakan bahwa ini adalah pekerjaannya yang kesekian. Sebagai informasi, Sukur sebelumnya pernah menjadi seorang politisi. Tapi permasalahannya dengan Recep Tayyep Erdogan membuat dia pergi ke Amerika Serikat dan membuka sebuah café di sana.

CNBC

“Saya pindah ke Amerika Serikat untuk mengelola sebuah café di California. Tapi orang-orang aneh terus datang ke sana. Dan sekarang saya mengemudi taksi Uber dan menjual buku,” ujar Hakan Sukur kepada Welt am Sonntag, Selasa (14/1/2020).

Apa yang terjadi pada mantan pemain Inter Milan bisa dibilang mengenaskan. Bagaimana tidak, dia adalah korban dari tangan besi presiden Turki, Recep Tayyep Erdogan.

Hakan Sukur terjun ke dunia politik dan menjadi anggota parlemen pada 2009. Gejolak yang terjadi di negara tersebut pada 2011 menjadi titik balik kariernya. Ia dituduh sebagai salah satu orang yang ada dalam aksi kudeta Erdogan.

Ketika upaya itu gagal, Erdogan pun mencabut hak politik orang-orang yang ada di balik percobaan kudeta tersebut, termasuk Hakan Sukur.

“Saya tidak punya apa-apa lagi. Erdogan mengambil segalanya. Hak saya untuk kebebasan, kebebasan berekspresi dan hak untuk bekerja. Sepertinya tidak ada yang bisa menjelaskan apa peran saya dalam kudeta itu. Saya tidak pernah melakukan sesuatu yang ilegal, saya bukan pengkhianat dan teroris,” imbuhnya.

Comments
Loading...