Hal Yang Sesungguhnya Terjadi Di Balik Kepindahan Ibrahimovic Dari Juventus Ke Inter

Catatan karier Zlatan Ibrahimovic penuh dengan kontroversi. Salah satunya ialah keputusannya untuk pindah dari Juventus ke Inter Milan pada awal musim 2006-07. Diduga hal itu disebabkan oleh Calciopoli. Namun, agen Ibrahimovic, Mino Raiola, membantahnya.

Pada akhir musim 2005-06, skandal Calciopoli meletus di Italia. Kasus ini membuat Juventus terdegradasi ke Serie B. Selain itu, Juventus juga ditinggal para pemainnya, termasuk Ibrahimovic. Apakah benar bahwa Calciopoli yang membuat Ibrahimovic memilih meninggalkan Juventus dan pindah ke Inter?

Raiola membantahnya. Dia mengatakan kepindahan Ibrahimovic tidak ada sangkut-pautnya dengan Calciopoli.

“Kepindahannya sudah diputuskan beberapa bulan sebelumnya ketika semua belum tahu apa yang akan terjadi dengan Juventus,” kata Raiola. “Sehari sesudah sebuah pertandingan penting di Liga Champions, saya pergi menemui Luciano Moggi (mantan direktur Juventus, Red.). Saya bilang kepadanya akan membawa Zlatan pergi. Moggi marah dan ganti berkata, ‘Kalau begitu bawakan uang 1 euro lebih banyak dari 85 juta euro yang dibayarkan Real Madrid untuk mendapatkan Zinedine Zidane.’,” kata Raiola kepada Tuttosport.

Meski begitu, Raiola tidak menyerah. Dia bisa meyakinkan Ibrahimovic bahwa saat itu Inter adalah tim yang paling tepat baginya. “Saya bilang kepada Zlatan bahwa Inter saat ini adalah tim yang paling membutuhkannya dan saya sudah meraih kesepakatan dengan Massimo Moratti (mantan presiden Inter, Red.)dan Marco Branca (mantan direktur Inter, Red.) dengan harga 85 juta euro,” ujar Raiola.

Akan tetapi, akhirnya Calciopoli meletus. Hal itu dimanfaatkan dengan baik oleh Inter untuk menggaet Ibrahimovic.

“Semua sudah diputuskan. Kemudian pada musim panas Calciopoli meletus, Moratti memanfaatkan dengan baik kondisi sulit di Juventus dan kepergian Moggi untuk menggaet Zlatan hanya dengan harga yang bagus,” kata Raiola.

Ibrahimovic akhirnya pindah ke Inter hanya dengan nilai transfer 24,8 juta euro. Jauh di bawah nilai 85 juta euro yang sebelumnya disepakati Inter dan Juventus.

Comments
Loading...