Hansi Flick Ternyata Pengagum Eks Pelatih Timnas U-23 Indonesia

Football5Star.com, Indonesia – Hansi Flick adalah pelatih tersukses pada saat ini. Bersama Bayern Munich, dia telah menyabet enam trofi. Dalam kurun 1,5 tahun, dia mengantar Die Roten juara Bundesliga, DFB Pokal, Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Super Jerman, dan Piala Dunia Antarklub.

Karier kepelatihan Flick dimulai pada 1996. Namun, baru pada 2019 dia menangani tim yang berkiprah di kasta tertinggi. Datang sebagai asisten pelatih pada awal musim 2019-20, dia lantas naik menjadi pelatih setelah Niko Kovac dilengserkan oleh Bayern.

Dalam wawancara dengan France Football, Flick mengakui filosofi sepak bolanya sangat terpengaruh sepak bola Belanda. Dia pun menyebut Foppe de Haan, eks pelatih timnas U-23 Indonesia, sebagai salah satu pelatih yang dikaguminya.

Foppe de Haan yang sempat menangani timnas U-23 Indonesia ternyata jadi sosok inspirasional bagi Hansi Flick.
voetbalblog.nl

“Pada awal karier sebagai pelatih, saya terutama mengikuti dan mengagumi sepak bola Belanda. Sosok pertama yang menginspirasi saya adalah Foppe de Haan,” kata Hansi Flick seperti dikutip Football5Star.com dari France Football.

Selain De Haan, Flick menyebut dua sosok lain dari sepak bola Belanda yang juga sangat dikaguminya. “De Haan adalah inspirasi bagi saya, seperti juga Louis van Gaal dan Johan Cruyff tentunya,” kata dia lagi.

De Haan tidaklah asing bagi pencinta sepak bola Indonesia. Pada 2006, dia sempat menyambi sebagai pelatih timnas U-23 Indonesia. Dia ditugasi menangani tim untuk Asian Games 2006 di Qatar dengan didampingi Bambang Nurdiansyah dan seorang asisten lain dari Belanda.

Akan tetapi, kiprah De Haan di timnas U-23 Indonesia tak berlangsung lama. Dia lantas didepak setelah Garuda Muda babak belur. Mereka kalah 0-6 dari Irak dan 1-4 dari Suriah, lalu imbang 1-1 dengan Singapura.

Flick Juga Kagumi Wenger

Gaya sepak bola Arsene Wenger sangat dikagumi oleh Hansi Flick.
telegraph.co.uk

Selain tiga sosok pelatih asal Belanda, Hansi Flick juga mengungkapkan kekagumannya terhadap Arsene Wenger yang dua dekade lebih menangani Arsenal. Dia mengaku terkesan oleh gaya main yang diusung The Professor.

“Saya juga sangat sering memantau latihan Arsene Wenger saat di Arsenal. Saya selalu menyukai filosofi Wenger, terutama dalam menyerang. Arsene selalu bersedia berbicara dengan kolega-koleganya yang lebih muda,” urai Flick soal Wenger.

Lebih lanjut, Hansi Flick mengungkapkan, “Saya suka gaya main yang diusungnya dengan para pemain seperti Dennis Bergkamp, Thierry Henry, Patrick Vieira, dan Robert Pires. Sungguh sepak bola yang sangat atraktif. Saya mengagumi Arsene.”

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More