Hanya Ada Tiga Klub Indonesia di 162 Besar Asia

Football5star.com, Indonesia – Panasnya kompetisi Liga 1 musim lalu sepertinya belum cukup mampu menaikkan pamor klub-klub pesertanya. Hal ini dibuktikan dengan hanya masuknya tiga klub Indonesia dalam jajaran 162 klub terbaik Asia tahun 2019.

Ketiga klub tersebut adalah Persija Jakarta, PSM Makassar, dan Bali United. Masuknya Persija tak lepas dari keberhasilan mereka meraih trofi Liga 1 2018. Selain itu klub ibu kota juga berhasil melaju ke fase gugur AFC Cup tahun lalu.

Irfan Bachdim - Persija Jakarta - Bali United - Warta Bali
wartabali.com

Dengan raihan tersebut klub berjuluk Macan Kemayoran berhasil duduk di peringkat ke-90. Mereka mengungguli beberapa rival di Asia Tenggara seperti Song Lam Nghe An (Vietnam) dan klub yang mengalahkan mereka di kualifikasi Liga Champions Asia, Newcastle Jets (Australia).

Sementara Bali United yang musim lalu gagal berprestasi di kancah nasional berada di urutan ke-118, atau tepat di atas klub Myanmar, Shan United. Adapun pesaing Persija dalam perebutan juara Liga 1 2018, PSM Makassar, berada di urutan ke-124.

PSM Makassar - Bhayangara FC - Football5star
pssi.org

Masuknya PSM Makassar tahun ini tak lepas dari performa stabil mereka dalam dua musim terakhir. Bahkan musim ini mereka menjadi satu-satunya klub Indonesia yang sukses melaju ka semifinal AFC Cup setelah mengalahkan Home United di laga kelima fase grup.

Keberadaan tiga klub tanah air dalam deretan 162 klub terbaik Asia terbilang mengecewakan. Pasalnya pada tahun lalu Indonesia mengirim empat wakilnya, yaitu Persib Bandung, Persipura Jayapura, Bali United, dan Persija Jakarta.

Comments
Loading...