Semangat Kartini Jadi Inspirasi Fisioterapis Olahraga Cantik Ini

Football5Star.com, Indonesia – Seorang pahlawan nasional, R.A. Kartini, menginspirasi kebangkitan wanita-wanita Indonesia saat ini. Semangat Kartini memperjuangkan hak-hak wanita Indonesia membuat seorang fisioterapis olahraga, Nurul Hikmah, memiliki kesempatan yang sama dengan kaum pria.

Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau dikenal sebagai R.A Kartini lahir pada 21 April 1879 di Jepara, Jawa Tengah. Dikenal karena semangatnya memperjuangkan wanita Indonesia dan gagasannya agar wanita dapat menuntut ilmu serta memiliki kesempatan yang sama dengan kamu pria.

Cita-cita luhur dan gagasan seorang Kartini membuat wanita Indonesia berani memperlihatkan eksistensinya di berbagai bidang. Tidak terkecuali di bidang kesehatan. Banyak wanita saat ini menggeluti bidang kesehatan seperti fisioterapi.

Atlet olahraga seperti pesepak bola, rentan mengalami cedera saat memperkuat kesebelasannya. Ketika cedera, maka membutuhkan penanganan khusus fisioterapis olahraga saat proses pemulihan.

Fisioterapis akan mendiagnosis agar pesepak bola terhindar cacat fisik melalui serangkaian pencegahan serta penanganan. Di Indonesia terdapat klinik fisioterapi yang cukup dikenal oleh pesepak bola Indonesia sebagai tempat proses pemulihan cedera yaitu Klinik Fisioterapi Esa Unggul.

Semangat Kartini Menginspirasi Fisioterapis
Dachild (dok. pribadi)
Hari Kartini dan Emansipasi di Bidang Kesehatan

Nurul Hikmah atau biasa disapa Dachild merupakan salah satu fisioterapis di klinik yang berlokasi di sebuah kampus di Jakarta Barat. Terinspirasi semangat Kartini, Dachild memiliki impian dapat berkontribusi seperti kaum pria di bidang kesehatan.

Dachild menganggap Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati merupakan tokoh Kartini masa kini.

Dachild memaknai Hari Kartini sebagai pengingat bahwa Indonesia memiliki sosok wanita yang memperjuangkan emansipasi wanita. Wanita kelahiran 13 Mei 1991 ini mengatakan seandainya tidak ada sosok Kartini, mungkin hingga saat ini wanita hanya sebagai pelengkap kaum pria.

Tetapi dengan adanya Kartini, Dachild yang bergabung dengan Klinik Fisioterapi Esa Unggul sejak Mei 2013 mengganggap wanita juga dapat mengerjakan pekerjaan yang dilakukan oleh kaum pria. Ia juga memiliki harapan wanita Indonesia dapat memaknai semangat Kartini dengan berperan dan meraih kesuksesan di berbagai bidang.

“Jangan takut untuk melangkah wanita Indonesia, kalian cantik dan pintar. Tunjukkan kemampuan kalian dan jangan memedulikan omongan orang tentang kalian. Semangat Kartini.” ungkap Dachild dihubungi Football5Star.com melalui instant messaging.

Berkecimpung di fisioterapi, Dachild kerap memberikan perawatan proses pemulihan kepada pesepakbola Indonesia seperti Hamka Hamzah atau Ahmad Bustomi. Dachild mengungkapkan pesepak bola Indonesia yang terlihat garang ketika membela klubnya ternyata lucu ketika di luar lapangan.

“Mereka garang di lapangan tapi lucu kalau di luar lapangan serta dispilin saat terapi.” ungkap wanita berkacamata ketika mengutarakan pengalamannya menangani pesepak bola Indonesia.

Berkat dorongan ketua Perhimpunan Fisioterapi Olahraga Indonesia, Syahmirza Indra Lesmana, Nurul Hikmah memiliki keinginan terus berkarier dan memajukan dunia fisioterapi Indonesia serta semangat dan inspirasi R.A. Kartini. Selamat Hari Kartini wanita Indonesia!

Comments
Loading...