Hasil Elche vs Barcelona: Tak Masalah Tanpa Lionel Messi

Football5star.com Indonesia – Barcelona sukses mengamankan tiga poin dalam lanjutan Liga Spanyol di kandang Elche meski tampil tanpa Lionel Messi. Frenkie De Jong menjadi pahlawan dalam duel Elche vs Barcelona yang berkesudahan 0-2 pada Minggu (24/1/2021) malam WIB.

Tak diperkuat Lionel Messi diskorsing dua pertandingan akibat kartu merah pada final Piala Super Spanyol membuat Barcelona terlambat panas. Trio Antoine Griezmann, Pedri, dan Ousmane Dembele, yang diplot membantu penyerang Martin Braithwaite, gagal tampil optimal pada awal laga.

Twitter @FCBarcelona_cat

Pertahanan ketat yang diperagakan Elche membuat para pemain Barcelona kesulitan membangun serangan. Bahkan, tembakan tepat sasaran pertama tim tamu baru tercipta pada menit ke-12.

Kala itu, Antoine Griezmann yang menyambut tendangan bebas Ousmane Dembele, menanduk bola ke gawang. Namun, bola sundulannya masih bisa diamankan kiper Elche, Edgar Badia.

Variasi serangan coba diperagakan anak asuh Ronald Koeman pada babak pertama ini. Akan tetapi, upaya melalui kesempatan Ousmane Dembele, Jordi Alba, Pedri, hingga Sergio Busquets, masih belum ada yang menghasilkan gol.

Barcelona akhirnya baru bisa memecah kebuntuan pada menit ke-39 melalui Frenkie de Jong. Berawal dari umpan Martin Braithwaite dari sisi kanan pertahanan Elche, kesalahan antisipasi dilakukan Emiliano Rigoni. Bola yang mengarah ke gawang Elche lantas disontek oleh Frenkie de Jong untuk menjadi gol.

Gol itu tak bertambah sampai wasit meniup peluit tanda jeda pertandingan. Duel babak pertama Elche vs Barcelona berkesudahan 0-1. Bola sontekan Frenkie De Jong yang membobol gawang Elche menjadi satu-satunya pembeda.

Twitter @LaLiga

Pergantian Pemain Membuahkan Gol Kedua

Memasuki paruh kedua, Barcelona kembali mengawali dengan serangan. Dominasi permainan tetap dipegang El Barca yang terus mengurung pertahanan tim tuan rumah sejak menit pertama babak kedua.

Meski begitu, Elche bukan tanpa perlawanan. Serangan cepat anak asuh Jorge Almiron beberapa kali membuat gawang Barcelona terancam. Termasuk ketika Emilio Rigoni memaksa kiper Marc-Andre ter Stegen berjibaku dalam duel satu lawan satu pada menit ke-56.

Barcelona langsung merespons melalui tembakan Ousmane Dembele semenit setelahnya. Kali ini gantian kiper Elche, Edgar Badia, yang berjuang menepis bola.

Kerap mengalami kebuntuan membuat Ronald Koeman coba melakukan pergantian pemain. Termasuk menurunkan Francisco Trincao dan Rique Puig. Masuknya kedua pemain menambah variasi serangan Barcelona.

Setelah peluang melalui sundulan Trincao masih bisa diblok kiper Edgar Badia pada menit ke-86, semenit setelahnya gol kedua lahir. Pada menit ke-88, gantian Riqui Puig yang mendapat peluang melalui sundulan memanfaatkan umpan Frenkie De Jong. Kali ini peluang bisa membuahkan gol.

Gol Riqui Puig semenit setelah masuk lapangan itu sekaligus menjadi aksi penutup pertandingan. Duel Elche vs Barcelona berkesudahan dengan skor akhir 0-2. Frenkie De Jong menjadi pahlawan berkat satu gol dan satu assist yang diciptakannya.

Hasil ini membawa Barcelona kembali menempel Real Madrid yang berada di peringkat kedua klasemen Liga Spanyol. Kedua tim kini berselisih tiga poin dengan 19 pertandingan. Barcelona yang menghuni urutan ketiga masih terpaut tujuh angka dari Atletico Madrid yang menempati puncak klasemen.

SUSUNAN PEMAIN ELCHE vs BARCELONA

ELCHE (4-4-2): 13-Edgar Badia; 19-Antonio Barragan, 5-Gonzalo Verdu, 2-Diego Gonzalez, 25-Johan Mojica; 17-Josan, 4-Ivan Marcone, 14-Raul Guti (Tete Morente 75), 8-Victor Rodriguez (Nino 82); 22-Emiliano Rigoni (Luismi 75), 9-Lucas Boye
Pelatih: Jorge Almiron

BARCELONA (4-2-3-1): 1-Marc-Andre ter Stegen; 28-Oscar Mingueza, 23-Samuel Umtiti, 4-Ronald Araujo, 18-Jordi Alba; 21-Frenkie de Jong, 5-Sergio Busquets; 7-Antoine Griezmann, 16-Pedri (Riqui Puig 87), 11-Ousmane Dembele (Francisco Trincao 74); 9-Martin Braithwaite
Pelatih: Ronald Koeman

Wasit: Valentin Pizarro Gomez

BarcelonaElcheElche vs BarcelonaFrenkie de JongLiga Spanyol