Hasil Final Piala Gubernur Jatim Persija vs Persebaya: Gelar Kedua Bajul Ijo

Football5star.com, Indoneesia – Final Piala Gubernur Jatim 2020 antara Persebaya vs Persija di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (20/2/2020) berakhir dengan skor 4-1 untuk kemenangan tim Bajul Ijo. Tiga gol kemenangan Persebaya dicetak oleh Oktafianus Fernando, Makan Konate, Ricky Kambuaya, dan Mahmoud Eid .

Di babak pertama, Persebaya yang mendapat dukungan penuh dari bonek di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, langsung tampil menekan lini belakang Persija. Hasilnya pada menit ke-4, Persebaya unggul 1-0.

Berawal dari umpan crossing Alwi Slamet, bola yang berhasil dihalau bek Persija jatuh ke kaki Makan Konate. Eks pemain Arema FC itu melepas umpan yang langsung disambut oleh Oktafianus Fernando. 1-0 Persebaya memimpin.

Tertinggal satu gol, Persija mencoba untuk bisa menyamakan kedudukan. Sejumlah peluan berhasil di dapat oleh skuat Macan Kemayoran. Salah satunya dari aksi Riko Simanjuntak. Namun belum bisa merobek gawang Rivky Mokodompit.

Petaka datang bagi Persija di menit ke-33. Bek Ryujo Utomo mendapat kartu merah langsung dari wasit setelah melakukan pelanggaran terhadap David da Silva. Namun bermain dengan 10 orang, Persija di menit akhir pertandingan bisa menyamakan kedudukan lewat gol Marko Simic memanfaatkan sepak pojok Riko Simanjuntak. Skor 1-1 bertahan di akhir babak pertama.

Di babak kedua, Persebaya kembali tampil lebih menekan. Hasilnya, Makan Konate kembali getarkan gawang Persija yang di kawal oleh Shahar Ginanjar. 2-1 Persebaya memimpin.

Tersentak dengan gol kedua Persebaya, lini belakang Persija kembali melakukan kesalahan. Pemain pengganti Aryn Williams mengirim umpan manis kepada Ricky Kambuaya. Beruntung masih bisa diselamatkan bek Persija.

Sayangnya tak berselang lama, Ricky Kambuaya berhasil getarkan gawang Persija memanfaatkan kesalahan dari Maman Abdurahman. 3-1 Persebaya memimpin. Unggul tiga gol, Persebaya masih terus memberikan tekanan ke lini belakang Macan Kemayoran.

Masuknya Marko Klok sempat menambah daya gedor Persija. Sayangnya pada menit ke-80, gol dari Mahmoud Eid membuat Persebaya unggul jauh. Sepakan keras dari pemain kelahiran Swedia itu dari sudut sempit tak bisa diselamatkan oleh Shahar Ginanjar. Skor 4-1 bertahan hingga akhir babak kedua.

Kemenangan 4-1 ini membuat Persebaya berhasil menjadi juara Piala Gubernur Jatim 2020. Ini jadi gelar kedua bagi Bajul Ijo setelah sebelumnya meraih pada 2006 setelah mengalahkan Mojokerto Putra di partai final.

Susunan Pemain Persebaya Vs Persija

Persebaya Surabaya: Rivky Mokodompit, Arief Satria, Rizky Rido, M Syaifudin, Ricky Kambuaya (Muhammad Hidayat), Alwi Slamet, Oktafianus Fernando, Makan Konate, Hambali Tolib (Aryn Williams 52′), David Da Silva, Mahmoud Eid

Kartu kuning: Ricky Kambuaya, Zoubairou

Kartu merah:

Pelatih: Aji Santoso

Persija Jakarta: Shahar Ginanjar, Marco Motta, Maman Abdurahman, Ryuji Utomo, Adrianus Dwiki (Novri Setiawan 11′), Tony Sucipto (Ramdani Lestaluhu), Sandi Sute, Rohit Chand, Evan Dimas (Alfath Fathier 34′) , Riko Simanjutak, Marko Simic.

Kartu kuning: Marco Motta

Kartu merah: Ryuji Utomo

Pelatih: Sérgio Farias