Hasil Investigasi AFF Soal Dugaan Pencurian Umur Timor Leste di Piala AFF U-15

Football5star.com – Asosiasi Sepak Bola ASEAN (AFF) mengumumkan hasil investigasinya soal dugaan pencurian umur pemain Timor Leste pada Piala AFF U-15 2019. Mereka sama sekali tak menemukan adanya kejanggalan terhadap daftar pemain yang dikirimkan kubu Timor Leste.

Seperti dikabarkan sebelumnya, kapten timnas U-15 Timor Leste, Paulo Domingos Gali da Costa Freitas, dituduh memiliki umur yang tak semestinya. Dia diduga sudah berusia 22 tahun dan dilaporkan oleh Myanmar dan Singapura kepada AFF.

Kedua negara itu merujuk fakta kalau Gali Freitas pernah ikut bermain pada Piala AFF 2018. AFF lantas memanggil Asosiasi Sepak Bola Timor Leste (FFTL) untuk mengambil keterangan. Mereka jua meminta FFTL membawa beberapa dokumen untuk diverifikasi.

Dok. AFF

Akan tetapi, AFF melalui laman resminya menganulir protes Myanmar dan Singapura. Mereka sudah melakukan verifikasi dan penyelidikan dan hasilnya Paulo Freitas tak mencuri umur.

“Komite Disiplin dan Etika Ad Hoc memutuskan bahwa protes yang diajukan Myanmar dan Singapura tidak berdasar,” tulis pernyataan di laman AFF.

Meski begitu, keputusan AFF tampaknya tak terlalu berpengaruh buat Timor Leste. Timor Leste yang sampai pertandingan keempat memimpin klasemen, harus menutup impiannya melaju ke babak semifinal lantaran takluk 0-1 dari Vietnam.

Hasil itu membuat Indonesia dipastikan lolos ke semifinal. Garuda Muda lantas dipastikan lolos sebagai jawara Grup A didampingi Vietnam. Partai empat besar sendiri akan mulai dihelat 7 Agustus mendatang.

Comments
Loading...