Tak Ada Dominasi di Perempat Final Liga Europa

Football5Star.com, Indonesia – Babak perempat final Liga Europa dipastikan sangat berwarna. Delapan tim yang berlaga di sana berasal dari delapan negara berbeda. Kepastian itu muncul berkat hasil yang diraih pada leg II babak 16-besar. Rusia yang punya tiga wakil, Italia (dua wakil), Spanyol (dua wakil), Prancis (dua wakil) dan Jerman (dua wakil) sama-sama hanya mampu mengirim satu tim ke perempat final.

Prancis hampir saja mengirim dua wakil andai Olympique Lyon bisa mempertahankan keunggulan 1-0 yang diraih pada leg I. Sayang, menjamu CSKA Moskva di kandang sendiri, mereka malah takluk 2-3. Hasil itu membuat mereka harus gigit jari karena kalah produktivitas gol tandang.

CSKA Moskva lolos secara dramatis di kandang Olympique Lyon.
uefa.com

Sebaliknya, bagi Rusia, hasil itu menggembirakan. Pasalnya, dua wakil lainnya justru kandas. Lokomotiv Moskva dihajar 1-5 oleh Atletico Madrid pada leg II, sedangkan Zenit St. Petersburg hanya bermain imbang 1-1 dengan RasenBallsport Leipzig. Keduanya di kandang sendiri. Hasil itu membuat Atletico lolos dengan agregat 8-1, sementara Leipzig melaju dengan keunggulan total 3-2.

Nasib berbeda dialami dua wakil Italia. Sama-sama berbekal hasil kurang memuaskan, Lazio dan AC Milan menuai hasil berbeda di kandang lawan. Melawat ke kandang Dynamo Kyiv dengan bekal hasil 2-2 pada leg I, Lazio memastikan tempat di 8-besar berkat kemenangan 2-0.

Sementara itu, Milan yang pada leg I kalah 0-2 di kandang sendiri dari Arsenal, kembali harus menelan kekalahan. Sempat unggul terlebih dulu berkat gol spektakuler Hakan Calhanoglu, I Rossoneri dipaksa bertekuk lutut 1-3. Arsenal pun melenggang ke perempat final dengan agregat 5-1.

Satu hal menarik lain, berkat kegagalan Lyon, komposisi tim di perempat final Liga Europa musim ini benar-benar berbeda dengan musim lalu. Di babak 16-besar, Les Gones memang satu-satunya tim yang lolos ke perempatfinal pada musim lalu.

 

Hasil Lengkap Leg II Babak 16-Besar Liga Europa:

Lokomotiv Moskva 1-5 Atletico Madrid (Maciej Rybus 20 – Angel Correa 16, Saul Niguez 47, Fernando Torres 65-p, 70, Antoine Griezmann 85)
(Atletico lolos dengan agregat 8-1)

Athletic Bilbao 1-2 Olympique Marseille (Inaki Williams 74 – Dimitri Payet 38-p, Lucas Ocampos 52)
(Marseille lolos dengan agregat 5-2)

Dynamo Kyiv 0-2 Lazio (Lucas Leiva 23, Stefan de Vrij 83)
(Lazio lolos dengan agregat 4-2)

Viktoria Plzen 2-1 Sporting CP (Marek Bakos 6, 64 – Rodrigo Battaglia 105)
(Sporting lolos dengan agregat 3-2)

Zenit St. Petersburg 1-1 RasenBallsport Leipzig (Sebastian Driussi 45 – Jean-Kevin Augustin 22)
(Leipzig lolos dengan agregat 3-2)

Arsenal 3-1 AC Milan (Danny Welbeck 39-p, 86, Granit Xhaka 71 – Hakan Calhanoglu 35)
(Arsenal lolos dengan agregat 5-1)

Olympique Lyon 2-3 CSKA Moskva (Maxwell Cornet 58, Mariano Diaz 71 – Aleksandr Golovin 39, Ahmed Musa 60, Pontus Wernbloom 65)
(CSKA lolos dengan keunggulan gol tandang, agregat 3-3)

RB Salzburg 0-0 Borussia Dortmund
(Salzburg lolos dengan agregat 2-1)

Comments
Loading...