Hasil Lengkap Undian Putaran Final Piala Dunia 2018

Football5star.com, Indonesia – Undian atau drawing Piala Dunia 2018 sudah rampung digelar pada Jumat (1/12/2017) malam WIB. Sebanyak 32 peserta sudah tersebar ke dalam 8 grup dengan masing-masing bermaterikan 4 negara. Ada beberapa hal menarik yang lahir dari hasi undian.

Contohnya, Grup A dan Grup H menjadi dua kelompok yang bermaterikan empat negara dari kontinental berbeda. Di Grup A ada Rusia (Eropa), Mesir (Afrika), Arab Saudi (Asia), dan Uruguay (Amerika Selatan). Sementara di Grup H ada Polandia (Eropa), Senegal (Afrika), Kolombia (Amerika Selatan), dan Jepang (Asia).

Grup H juga menjadi satu-satunya yang berisi negara-negara tanpa koleksi gelar Piala Dunia. Prestasi terbaik Polandia adalah peringkat ketiga pada Piala Dunia 1974 dan 1982. Senegal pernah sekali mencapai perempat final pada Piala Dunia 2002. Begtu pula Kolombia, sekali menembus perempat final pada edisi 2014. Pencapaian terendah di Grup H adalah Jepang, dengan dua kali mencapai babak 16-besar pada 2002 dan 2010.

Sementara, langkah berat akan dihadapi juara bertahan Jerman, yang tergabung di Grup F bersama Meksiko, Swedia, dan Korea Selatan. Seperti diketahui, Swedia merupakan tim yang turut menggagalkan langkah Belanda dan Italia lolos ke Piala Dunia 2018, sedangkan Meksiko dan Korsel memiliki jam terbang cukup berlimpah di ajang terakbar ini.

“Grup yang sangat menarik. Target kami adalah membangun fondasi demi misi mempertahankan titel Piala Dunia,” ucap pelatih timnas Jerman, Joachim Loew, menyikapi hasil undian Grup F, seperti dituliskan Twitter @DFB_Team_EN.

Rintangan tak kalah berat harus dihadapi juara dunia 2010, Spanyol. Tim berjuluk La Furia Roja tersebut harus bertemu tetangganya, Portugal, yang mengusung Cristiano Ronaldo sebagai ujung tombak utama. Ronaldo sudah cukup mengenal karakter bermain Spanyol karena sejak 2009 bermukim di Real Madrid. Spanyol dan Portugal pun sudah harus baku hantam sejak laga pertama Grup B.

Di Grup G, undian yang mempertemukan Belgia dengan Inggris menjadi hal yang menarik. Pasalnya, sebagian besar anggota timnas Belgia saat ini tampil di kompetisi kasta teratas Liga Inggris, Premier League. Sebut saja Thibaut Courtois, Simon Mignolet, Vincent Kompany, Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Kevin De Bruyne, Marouane Fellaini, Romelu Lukaku, Eden Hazard, dan beberapa nama lainnya.

Selain Belgia dan Inggris, Grup G juga dihuni Panama (CONCACAF) serta Tunisia (Afrika). Panama patut diwaspadai. Pasalnya, negara yang turut memaksa Amerika Serikat gigit jari ini menjadi satu-satunya dari 32 peserta Piala Dunia 2018 yang tak pernah bersua dengan tiga rival segrup di semua ajang. Panama bisa muncul sebagai kekuatan yang misterius.

Pertandingan di Grup A, antara tuan rumah Rusia melawan wakil Asia, Arab Saudi, akan mengawali genderang perang Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moscow, pada 14 Juni 2018. Dilanjutkan dengan duel dua negara lain di Grup A, Mesir melawan Uruguay pada 15 Juni 2018.

HASIL UNDIAN PIALA DUNIA 2018:

GRUP A
RUSIA
ARAB SAUDI
MESIR
URUGUAY

GRUP B
PORTUGAL
SPANYOL
MAROKO
IRAN

GRUP C
PRANCIS
AUSTRALIA
PERU
DENMARK

GRUP D
ARGENTINA
ISLANDIA
KROASIA
NIGERIA

GRUP E
BRASIL
SWISS
KOSTA RIKA
SERBIA

GRUP F
JERMAN
MEKSIKO
SWEDIA
KOREA SELATAN

GRUP G
BELGIA
PANAMA
TUNISIA
INGGRIS

GRUP H
POLANDIA
SENEGAL
KOLOMBIA
JEPANG

Comments
Loading...