Hasil Liverpool vs Everton: Runtuhnya Keangkuhan Anfield di Merseyside Derby

Football5star.com Indonesia – Keangkuhan Anfield akhirnya runtuh. Rekor kandang tanpa kalah sejak 1999 berakhir dalam duel Liverpool vs Everton di Liga Inggris pada Minggu (21/2) dini hari WIB. Kemenangan 2-0 Everton membuat Merseyside Derby membiru.

Meski bertindak sebagai tim tamu, Everton justru mampu menggebrak lebih dahulu. Pertandingan baru berjalan tiga menit, umpan terobosan James Rodriguez dituntaskan Richarlison dengan sepakan kaki kanan tanpa bisa diantisipasi kiper Alisson Becker.

Liverpool vs Everton Richarlison vs Ozan Kabak - @Everton
Twitter @Everton

Meski tercipta saat pertandingan baru berumur tiga menit, gol Richarlison bukan yang tercepat dalam sejarah Everton di Derbi Merseyside. Pada April 1999, Olivier Dacourt pernah membobol gawang The Reds ketika laga baru berjalan semenit.

Gol cepat Everton itu sekaligus menjadi terapi kejut bagi Liverpool. Anak asuh Juergen Klopp langsung tersengat dan tancap gas dengan meningkatkan tempo serangan. Namun, Everton segera mengantisipasi dengan membangun dinding pertahanan yang kokoh.

Roberto Firmino yang belum pernah mencetak gol ke gawang Everton mendapatkan peluang di dalam kotak penalti lawan pada menit ke-19. Akan tetapi, usaha Firmino masih membentur salah satu pemain The Toffees.

Tak berselang lama, gantian kans Jordan Henderson melalui sepakan first-time yang digagalkan oleh Pickford. Setelah peluang Henderson, disusul oleh tendangan jarak jauh Trent Alexander-Arnold. Namun, sepakan keras Alexander-Arnold melambung di atas gawang Everton.

Pada menit ke-30, Juergen Klopp terpaksa menarik Jordan Henderson yang mengalami cedera. Nathaniel Phillips dimasukkan untuk mengisi tempat di jantung pertahanan The Reds mendampingi Ozan Kabak.

Asyik menyerang, gawang Liverpool nyaris kebobolan untuk kali kedua lewat sundulan Seamus Coleman. Kali ini, Alisson tampil sigap mengamankan gawangnya. Sampai babak pertama tuntas, hasil laga Liverpool vs Everton tetap 0-1.

Dewi Fortuna Semakin Memanjakan Everton

Liverpool vs Everton Liga Inggris - @Everton
Twitter @Everton

Memasuki babak kedua, Liverpool sejatinya semakin mendominasi permainan. Penguasaan bola dan penciptaan peluang mutlak dikuasai Sadio Mane dan kawan-kawan. Akan tetapi, keberuntungan justru tak memihak tim tuan rumah.

Dewi fortuna justru terkesan memanjakan Everton dengan sejumlah keberuntungan. Puncaknya pada menit ke-82, ketika wasit menunjuk titik putih menyusul pelanggaran Trent Alexandre-Arnold terhadap Dominic Calvert-Lewin.

Gylfi Sigurdsson yang ditunjuk sebagai algojo sukses menjalankan tugas dengan baik. Eksekusi gelandang Islandia itu memang bisa ditebak Alisson Becker, tapi bola sepakan meluncur lebih deras ke pojok kiri gawang.

Gol penalti Gylfi Sigurdsson sekaligus menjadi yang terakhir tercipta pada duel Liverpool vs Everton di Stadion Anfield pada malam ini. Sampai laga berakhir, Everton sukses mengamankan kemenangan 2-0 di markas Liverpool dalam Merseyside Derby.

Bagi Everton, ini menjadi kemenangan pertama di Anfield pada abad ini. Terakhir kali The Toffes meruntuhkan markas Liverpool adalah pada 1999, sekaligus kemenangan perdana atas sang rival sejak 2010. Lebih miris, ini empat kekalahan kandang beruntun Liverpool di Liga Inggris sejak 1923.

Hasil ini membuat Everton sukses menyamai perolehan poin 40 milik Liverpool di klasemen sementara Liga Inggris. Everton menempati peringkat ketujuh denga 24 pertandingan, tepat di bawah The Reds yang unggul selisih gol dan sudah melalui 25 laga.

SUSUNAN PEMAIN LIVERPOOL vs EVERTON

LIVERPOOL (4-3-3): 1-Alisson Becker; 66-Trent Alexander-Arnold, 19-Ozan Kabak, 14-Jordan Henderson (Nathaniel Phillips 30), 26-Andrew Robertson; 6-Thiago Alcantara (Divock Origi 87), 5-Georginio Wijnaldum, 17-Curtis Jones (Xherdan Shaqiri 63); 11-Mohamed Salah, 9-Roberto Firmino, 10-Sadio Mane.
Pelatih: Juergen Klopp

EVERTON (4-5-1): 1-Jordan Pickford, 23-Seamus Coleman, 4-Mason Holgate, 5-Michael Keane, 22-Ben Godfrey; 19-James Rodriguez (Dominic Calvert-Lewin 62), 16-Abdoulaye Doucoure, 26-Tom Davies, 21-Andre Gomes (Gylfi Sigurdsson 59), 12-Lucas Digne; 7-Richarlison (Alex Iwobi 86)
Pelatih: Carlo Ancelotti

Wasit: Chris Kavanagh

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More