Liverpool vs Fulham: The Reds Kudeta Puncak Klasemen

Football5star.com, Indonesia – Melakoni pekan ke-12 Premier League dengan menjamu Fulham, mental pemain Liverpool sedang terpukul. Mereka baru saja alami kekalahan mengejutkan 2-0 dari tuan rumah Crvena Zvezda di Liga Champions tengah pekan ini. Dan menyambut laga Liverpool vs Fulham, tuan rumah perlu respons positif untuk menaikkan mental pemain.

Sementara bagi Fulham, mereka butuh tambahan poin untuk lepas dari jerat relegasi. Bayangkan saja, setelah 11 pekan awal Premier League, The Cottagers mendekam di dasar klasemen hanya dengan koleksi 5 angka dari 11 laga. Tekanan pun juga dialami tim tamu jelang laga Liverpool vs Fulham.

Namun di jalannya laga, skuat asuhan Juergen Klopp menunjukkan kenapa mereka jadi salah satu tim yang belum terkalahkan di Inggris saat ini.

 

Jalannya Laga Liverpool vs Fulham:

Seperti biasa, anak asuh Klopp langsung main menekan dan mendominasi. Bahkan di 20 menit awal, mereka menguasai bola hingga 76%. Walau begitu, Alfie Mawson dan kolega masih disiplin dalam bertahan. Bertubi-tubi serangan yang masuk dari Mohamed Salah dan Sadio Mane bisa dimentahkan.

Namun, drama terjadi di jelang akhir babak pertama. Tepat di menit ke-41, Fulham mengejutkan tuan rumah. Tim tamu mencetak gol melalui penyerang andalannya asal Serbia, Aleksandar Mitrovic. Sundulan eks penyerang Newcastle United ini merobek jala gawang Allison Becker. Namun, hakim garis membatalkan gol tersebut karena offside.

Tepat ketika tim tamu masih terperangah dengan hal tersebut, Liverpool coba langsung merespons. Trent Alexandre-Arnold mengirim umpan langsung ke Salah dan meloloskan penyerang sayap asal Mesir itu ke kotak penalti Fulham. Dengan tenang, eks pemain AS Roma itu menceploskan bola ke gawang Sergio Rico hanya 12 detik usai gol Mitrovic dianulir.

Liverpool vs Fulham
Foto: Twitter @SquawkaNews

Drama 12 detik itu menutup laga Liverpool vs Fulham dengan skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Babak kedua berjalan dengan tempo sedikit lebih lambat, karena tuan rumah coba atur tempo. Walau begitu, Fulham masih kesulitan menembus ketatnya pertahanan Liverpool di paruh kedua ini. Seakan coba membongkar pertahanan lawan, Fulham justru lengah dan kecolongan.

Pemain asal Swiss, Xherdan Shaqiri, menyongsong umpan manis Andrew Robertson pada menit ke-53 untuk bawa The Reds unggul 2-0. Main sebagai starter, gelandang gempal ini tak menyia-nyiakan peluang untuk memuaskan sang manajer. Setelah gol ini, tuan rumah semakin mengendurkan serangan. Walau begitu, Tom Cairnery dan kolega hilang akal untuk menembus rapatnya pertahanan The Reds yang dikawal Virgil van Dijk dan Joe Gomez.

Upaya Klopp menurunkan tempo terlihat dengan upayanya memasukkan Naby Keita dan Jordan Henderson untuk menaikkan match fitness kedua pemain yang baru sembuh dari cedera. James Milner juga dimasukkan di babak kedua. Hingga peluit akhir berbunyi, The Reds mempertahankan skor 2-0 dan pertahankan catatan tak terkalahkan di Premier League menjadi 12 laga beruntun.

Dengan hasil ini, Liverpool naik ke puncak klasemen sementara dengan koleksi 30 poin dari 12 laga. Sementara Fulham masih terbenam di dasar klasemen.

 

Susunan Pemain Liverpool vs Fulham:

Liverpool (4-3-3): Allison Becker; Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, Joe Gomez, Andrew Robertson; Georginio Wijnaldum (Jordan Henderson), Fabinho 9Naby Keita), Xherdan Shaqiri (James Milner); Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Fulham (4-2-3-1): Sergio Rico: Cyrus Christie, Denis Odoi, Alfie Mawson, Maxime Le Marchand; Andre-Frank Anguissa (Stefan Johansen), Calum Chambers, Andre Schuerrle (Luciano Vietto), Tom Cairney (Jean Michael Seri), Ryan Sessegnon, Aleksandar Mitrovic.

Kartu kuning: Joe Gomez (Liverpool), Calum Chambers (Fulham).

Kartu merah: 

Comments
Loading...