Hasil Piala AFF U-18: Indonesia Gagal Capai Final pada Hari Kemerdekaan

Football5star.com, Indonesia – Timnas U-18 Indonesia gagal mencapai final Piala AFF U-18 2019 setelah dikalahkan Malaysia lewat pertandingan berdurasi 120 menit. Kegagalan tersebut semakin mengecewakan karena terjadi tepat pada hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

Bermain di Stadion Go Dau, Vietnam, Sabtu (17/8/2019), langkah Timnas U-18 Indonesia harus terhenti di semifinal. Pasukan Garuda Muda dikalahkan Malaysia dengan skor 3-4.

Masing-masing gol kemenangan Malaysia diciptakan Mohammad Aiman Afif pada menit ke-19, Luqman Hakim (55′), Harit Haiqal (84′), dan Muslihuddin Atiq (99′). Sementara itu, tiga gol balasan Indonesia ditorehkan Beckham Putra (45′), Fajar Fathur Rachman (80′), dan Muhammad Salman (82′).

Jalannya pertandingan

Sejak pertandingan bergulir, timnas U-18 Indonesia langsung memperlihatkan permainan menyerang. Kombinasi Fajar Fathur Rachman, Bagus Kahfi, dan Mochamad Supriadi mampu membuat pertahanan Malaysia cukup kerepotan. Terlebih, David Maulana dan Beckham Putra Nugraha juga bisa memperlihatkan permainan impresif di lini tengah.

Kendati demikian, pasukan Garuda Muda justru lebih dulu kebobolan pada menit ke-19 lewat situasi bola mati. Ya, berawal dari tendangan bebas, Mohammad Aiman Afif berhasil memaksimalkannya menjadi gol dengan melakukan sedikit sontekan.

Tertinggal 0-1 membuat Indonesia merespons dengan menggencarkan lebih banyak tekanan ke lini pertahanan Malaysia. Hingga laga berlansung selama 40 menit, setidaknya ada tiga peluang bagus yang didapatkan skuat asuhan Fakhri Husaini.

Di antaranya lewat tembakan Fajar Fathur Rachman dari sisi kiri pertahanan Malaysia pada menit ke-25. Tiga menit berselang giliran sepakan Beckham Putra dari sisi yang sama masih sedikit melebar.

Pada menit ke-38 Bagus Kahfi berhasil mendapatkan ruang melepaskan tembakan keras, namun bola masih menyamping.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya didapatkan timnas U-18 Indonesia tepat pada menit ke-45. Berawal dari umpan silang mendatar yang dilepaskan Fajar Fathur Rachman, Beckham Putra langsung melepaskan sepakan kaki kanan dari dalam kotak penalti dan membuat bola bisa bersarang di dalam gawang Malaysia. Babak pertama semifinal Piala AFF U-18 2019 pun ditutup dengan skor imbang 1-1.

Babak kedua

Permainan jual beli serangan diperlihatkan kedua kesebelasan sejak awal babak kedua bergulir. Namun, pasukan muda Harimau Malaya kembali mampu unggul 2-1 pada menit ke-54.

Gol itu diciptakan pemain tertajam Malaysia, Luqman Hakim, dengan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti.

Upaya keras pasukan Garuda Muda kembali terlihat seteleh gol tersebut. Hasilnya, pada menit ke-80 skor kembali imbang 2-2.

Memanfaatkan umpan pendek David Maulana, Fajar Fathur Rachman langsung melepaskan tendangan kaki kiri mendatar dari sisi kanan kotak penalti Malaysia.

Berselang dua menit, Indonesia kembali menceploskan bola ke dalam gawang Harimau Malaya. Tim Merah Putih pun akhirnya bisa membalikkan keadaan menjadi 3-2.

Gol itu berawal dari umpan panjang kiper Ernando Ari Sutaryadi. Kesalahan antisipasi bek Malaysia membuat bola justru jatuh ke kaki Salman Alfarid yang dengan cepat langsung berada di depan gawang Nazrel Azman sebelum melepaskan tembakan keras dan menjadi gol.

Akan tetapi, pelanggaran yang terjadi di dalam kotak penalti Ernando Ari Sutaryadi membuat skuat asuhan Bradley John Maloney mendapatkan hadiah tendangan penalti.

Harith Haiqal yang maju sebagai eksekutor pun berhasil menyarangkan bola ke dalam gawang Indonesia. Gol itu membuat skor kembali imbang 3-3 hingga akhir babak kedua. Hasil ini menjadikan pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di babak ini, tim muda Harimau Malaya kembali unggul 4-3 pada menit ke-99 melalui tandukan Muslihuddin Atiq memanfaatkan umpan silang dari Ajmal Mahadi.

Setelah gol itu, tim Merah Putih tidak mampu menceploskan bola ke dalam gawang Malaysia. David Maulana dkk pun dipastikan gagal melangkah ke final Piala AFF U-18 2019.

Susunan pemain timnas U-18 Indonesia vs Malaysia

Timnas U-18 Indonesia: 21-Ernando Ari Sutaryadi, 15-Muhammad Salman Alfarid, 2-Bagas Kaffa, 13-Bayu Muhammad Fiqri, 19-Alfeandra Dewangga Santoso; 6-David Maulana, 18-Brylian Aldama, 7-Beckham Putra Nugraha, 14-Fajar Fathur Rachman, 20-Bagus Kahfi, 11-Mochamad Supriadi

Pelatih: Fakhri Husaini

Timnas U-18 Malaysia: 23-Nazrel Azman; 2-Firdaus Ramli, 12-Muhammad Azuan, 15-Muhamad Nuh Azlan; 5-Harith Haiqal, 6-Muhammad Azam Azmi, 7-Muhammad Ajmal Mahadi, 13-Muhammad Fakhrul Iman, 20-Mohd Aiman Afif; 10-Luqman Hakim, 18-Muhammad Zain

Pelatih: Bradley John Malo

Comments
Loading...