Hasil Piala AFF U-18: Menang Telak Lagi, Indonesia Masih Sempurna

Football5star.com, Indonesia – Timnas U-19 Indonesia kembali menuai kemenangan telak di babak penyisihan Grup A Piala AFF U-18. Skuat beralias Garuda Muda sukses mengalahkan Brunei Darussalam dengan skor 5-0.

Partai Grup A Piala AFF U-18 antara timnas U-19 Indonesia melawan Brunei Darussalam berlangsung di Stadion Go Dau, Vietnam, Sabtu (10/8/2019). Lima gol kemenangan tim besutan Fakhri Husaini masing-masing dicetak Bagus Kahfi pada menit ke-9 dan ke-61, Rendy Juliansyah (10′, 43′), Beckham Putra (25′), dan Imam Zakiri (34′). Sementara itu, satu-satunya gol balasan Brunei dicetak Hilmi Sidik (60′).

Jalannya pertandingan

Melawan tim yang selalu kalah dalam dua laga sebelumnya, timnas besutan Fakhri Husaini melakukan rotasi pemain. Pemain semisal David Maulana, Sutan Diego Zico, atau Bagas Kaffa hanya menghuni bangku cadangan.

Kendati demikian, strategi tersebut terbukti tidak mengurangi kekuatan pasukan Garuda Muda melawan Brunei. Betapa tidak, baru sembilan menit laga bergulir Indonesia sudah unggul 1-0 lewat lesakan Bagus Kahfi yang berawal dari umpan terobosan lambung dari Rendy Juliansyah.

Hanya berselang satu menit, Indonesia bisa mengandalkan keunggulan menjadi 2-0. Kali ini giliran Rendy yang mencatatkan namanya di papan skor melalui eksekusi tendangan penalti.

Alih-alih berusaha membuat gol balasan, Brunei malah kembali kebobolan pada menit ke-25. Bermula dari umpan silang Imam Zakiri, Beckham Putra mencetak gol dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti.

Dua gol lain Indonesia di babak pertama ditorehkan oleh Imam Zakiri dengan sundulan (34′). Juga tembakan dari dalam kotak penalti Rendy Juliansyah setelah menerima umpan silang dari Bagus Kahfi.

Meski tertinggal jauh, Brunei tetap memperlihatkan upaya mencetak gol di babak kedua. Hasilnya, Hilmi Sidik sukses menceploskan bola ke dalam gawang Muhammad Adisatryo tepat satu jam pertandingan bergulir.

Akan tetapi, dominasi yang ditunjukkan anak asuh Fakhri Husaini membuat timnas U-19 Indonesia kembali bisa menambah keunggulan pada menit ke-77. Umpan silang dari Saddam Gaffar berhasil dimaksimalkan Bagus Kahfi dan mencatatkan namanya di papan skor untuk kedua kalinya di laga ini.

Namun, setelah gol tersebut tidak ada lagi bola yang bersarang di dalam gawang kedua kesebelasan hingga laga usai. Indonesia pun memastikan kemenangan telak 6-1 atas Brunei.

Klasemen sementara Grup A

Kemenangan telak atas Brunei membuat pasukan Garuda Muda berarti masih mampu menyapu bersih raihan tiga poin dari tiga laga pertama Griup A Piala AFF U-18. Bahkan, ketiga kemenangan tersebut selalu diraih dengan skor telak. Ya, sebelumnya mereka juga bisa menang 7-1 atas Filipina dan 4-0 atas Timor Leste.

Hasil tersebut membuat Indonesia bertengger di puncak klasemen sementara Grup A dengan raihan 9 poin. Di laga berikutnya, Bagus Kahfi dkk dijadwalkan bermain melawan Laos, Senin (12/8/2019).

Susunan pemain

Timnas U-19 Indonesia: 1-Muhammad Adisatryo; 3-Yudha Febrian, 23-Rizky Ridho, 4-Muhammd Fadil Aksah, 13-Bayu Fiqri; 5-Theo Fillo da Costa Numberi, 10-Rendy Juliansyah, 7-Beckham Putra Nugraha; 20-Bagus Kahfi, 8-Khairul Imam Zakiri, 17-Saddam Gaffar.

Pelatih: Fakhri Husaini

Brunei Darussalam: 20-Mohammad Riyan; 2-Muhammad Khalid, 5-Dariyal Mohd Zinin, 6-Aisan Aisamuddin, 12-Maverick Lim Soon Heng; 13-Abdul Adib, 14-Amirul Aizad, 21-Muhammad Nazhan, 22-Mohd Saleh Emzah; 10-Muhammad Yazid Said, 9-Muhammad Syafiq Saifuddin.

Pelatih: Stephen Ng Heng Seng

Comments
Loading...