Hasil Rapat Klub: Musim 2020 Dibubarkan, Liga 1 2021 Diusulkan Tanpa Degradasi

Football5Star.com, Indonesia – Rapat klub dengan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) akhirnya menghasilkan keputusan konkret terkait Liga 1. Diusulkan kalau musim 2020 dibatalkan diganti Liga 1 2021 dan tanpa degradasi.

Seperti diketahui, PSSI dan PT LIB kembali mengumpulkan para klub pada Jumat (15/1/2021) untuk membahas nasib kompetisi. Sebab, Liga 1 memang tampaknya akan sangat sulit dipaksa lanjut per Februari.

Dalam rapat tersebut, beberapa hasil konkret akhirnya didapatkan. Salah satunya soal mayoritas klub megusulkan Liga 1 dibubarkan dan diganti musim 2021. Hal itu dikonfirmasi oleh Direktur Utama (Dirut) PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

“Betul nantinya PSSI juga mengajukan permintaan 5 ribu paket vaksin Covid-19. Vaksin ini nantinya akan dibagikan untuk para klub Liga 1,” kata Akhmad Hadian saat dihubungi Football5Star.

“Ini bukan keputusan. Ini masukan dari klub yang memang seperti yang beredar tak jauh,” sambung dia.

Dalam keputusannya, ada pula usulan Liga 1 tak ada degradasi menyikapi situasi yang ada. Hal itu diusulkan oleh PSM Makassar yang didukung Barito Putera, Borneo FC, Persita Tangerang, dan PSS Sleman.

“Tapi semuanya akan disahkan dahulu melalui rapat Komite Eksekutif PSSI terkait diusulkannya Liga 1 tahun ini tanpa degradasi,” tutup dia.

Berikut Hasil Rapat Klub Terkait Liga 1:

  1. Mayoritas klub Liga 1 mengusulkan pembubaran Liga 1 musim 2020.
  2. Mayoritas klub Liga 1 mengusulkan digelarnya liga musi baru, yakni musim 2021. Dengan proyeksi penyelenggaraan (seperti rencana PT Liga) Maret sampai November 2021.
  3. PSM Makassar mengusulkan penghapusan sistem degradasi di Liga 1 2021. Usulan ini didukung Barito Putera, Borneo FC, Persita Tangerang, dan PSS Sleman.
  4. PSSI sudah mengajukan permintaan 5 ribu paket vaksin. Vaksin ini akan dibagikan untuk para klub Liga 1.
  5. RUPS PT LIB akan digelar Februari atau Maret 2021.
  6. Hasil rapat ini akan diteruskan ke PSSI untuk segera ditindaklanjuti.
Akhmad Hadian LukitaLiga 1 2020Liga 1 2021PT LIBPT Liga Indonesia Baru