Hebat Bersama Timnas Spanyol, Robert Moreno Terpuruk di Ligue 1

Football5Star.com, Indonesia – Torehan prestasi apik bersama sebuah tim bukanlah jaminan bagi seorang pelatih kala menangani tim lain. Tengok saja Robert Moreno bersama AS Monaco di Ligue 1 saat ini. Eks pelatih timnas Spanyol itu justru menorehkan catatan buruk terkait pertahanan timnya.

Akhir Desember 2019, Robert Moreno didapuk sebagai pelatih baru AS Monaco menggantikan Leonardo Jardim. Bekalnya adalah hasil tak terkalahkan dalam sembilan pertandingan saat menangani timnas Spanyol. Namun, sentuhan tangan dinginnya menguap begitu saja.

Hingga saat ini, Les Monegasques telah menjalani tiga pertandingan di Ligue 1 bersama Robert Moreno. Hasilnya, kemenangan belum mampu diraih. Satu laga berakhir imbang, sementara dua pertandingan berujung kekalahan.

Hal yang menjadi catatan negatif, AS Monaco selalu kebobolan banyak gol. Dalam tiga laga itu, lawan selalu saja menjejalkan setidaknya tiga gol. Ini termasuk salah satu awalan terburuk seorang pelatih saat berkiprah di Ligue 1.

Sebelum Robert Moreno, pelatih yang juga punya catatan buruk itu, bahkan lebih buruk, adalah Marc Bourrier. Saat mengawali kiprahnya sebagai pelatih Avignon pada 1975-76, empat kali timnya kebobolan tiga gol atau lebih. Total, 17 gol dilesakkan lawan di gawang tim asuhannya.

Kiprah Bourrier pada kancah Ligue 1 dimulai pada 8 Agustus 1975 di kandang Olympique Marseille. Hasilnya, Avignon kalah 1-3. Berikutnya, mereka dihajar OGC Nice 1-5, dibantai Paris Saint-Germain 2-6, dan takluk 2-3 dari AS Nancy.

Kisah Marc Bourrier bersama Avignon harus jadi catatan tersendiri bagi Robert Moreno. Pasalnya, pada akhir musim 1975-76, Avignon kembali terdegradasi ke Ligue 2. Kewaspadaan harus ditingkatkan karena AS Monaco saat ini berada di posisi ke-13 klasemen sementara Ligue 1 dengan 29 poin. Francesc Fabregas cs. terpaut sebelas poin dari SC Amiens yang berada di posisi ke-18.

AS MonacoLiga PrancisLigue 1Marc BourrierRobert Moreno