Hernan Crespo Kagum dengan Aksi Marcus Thuram

Football5star.com, Indonesia – Mantan striker Lazio dan Parma, Hernan Crespon memuji dengan aksi yang ditunjukkan striker Gladbach, Marcus Thuram saat timnya menang 4-1 atas Union Berlin, Senin (1/6/2020).

Saat merayakan golnya, Thuram berselebrasi dengan satu lutut, sebuah bentuk protes simbolik terhadap kebrutalan polisi Amerika Serikat kepada George Floyd. Dikutip dari The Guardian, aksi ini juga pernah dilakukan oleh eks pemain NFL, Colin Kaepernick pada 2016.

“Senang dan bangga bahwa Anda telah mengambil kepribadian dan rasa kebanggan yang selalu diberikan oleh ayah Anda, Lilian Thuram,” tulis Crespon di akun Twitter pribadinya.

Pujian juga diberikan oleh banyak warganet. Mereka menyebut bahwa Thuram menjadi pemain yang menentang aksi rasialisme. Pelatih Gladbach, Marco Rose pun memuji aksi anak asuhnya tersebut

“Dia mengambil sikap menentang rasialisme dan itu kami dukung sepenuh hati,” kata Rose.

Tidak hanya Thuram, pemain Inggris, Jadon Sancho pun melakukan hal serupa saat pertandingan Paderborn vs Dortmund.

Saat mencetak gol pertamanya di laga itu, Sancho merayakannya denga cara tak biasa.

Ia berlari ke pinggir lapangan dan membuka jerseynya. Sancho lantas menunjukkan tulisan yang ada di kaos dalamnya yang bertuliskan ‘Justice for George Floyd’. Akibat dari aksinya ini, wasit pun memberikan kartu kuning kepadanya.

Sebelumnya, Sancho di akun Twitter pribadinya juga sempat me-retweet sebuah tweet yang berhubungan dengan aksi pembunuhan kepada Ahmaud Arbery pada Februari 2020.