Hina Korban Superga, Fans Sampdoria Dilarang Masuk Stadion

Football5star.com, Indonesia – Seorang pendukung Sampdoria mendapat hukuman larangan dua tahun masuk stadion karena menghina Torino. Seperti yang dilansir dari Football Italia, fans tersebut menirukan gerakan pesawat, yang menyinggung tragedi Superga, 1949 silam.

Pertandingan yang mempertemukan kedua tim terjadi pada Minggu (22/9) lalu. Tuan rumah Sampdoria berhasil mengamankan tiga angka saat bertanding di hadapan pendukungnya sendiri. Menurut investigasi yang dilakukan otoritas setempat, identitas pelaku sudah dikantongi dan langsung diproses tak lama setelah pertandingan selesai.

Pada 4 Mei 1949, rombongan skuat Torino bertolak kembali dari Lisbon, Portugal, dalam rangka pertandingan persahabatan melawan Benfica. Laga tersebut digelar untuk menghormati mantan kapten timnas Portugal, Francisco Ferreira.

twitter: @CmdotCom_En

Pesawat Fiat G.212 milik maskapai Avio Linee Italiane menabrak bukit di wilayah Superga, Turin karena cuaca buruk. Jarak pandang yang terbatas membuat pilot tidak leluasa mengidentifikasi wilayah sekitar.

Dengan kecepatan 180 km/jam, pesawat menabrak sebagian gedung Basilika Superga, gereja bersejarah di sana. Seluruh 31 orang yang terdiri dari 27 penumpang dan empat awak kabin meninggal dunia. Tidak ada yang selamat dari kejadian tersebut.

Sebagai bentuk penghormatan, pada pertandingan terdekat setelah tragedi itu, Torino diberikan kemenangan otomatis. Dengan empat pertandingan sisa di kompetisi, Il Toro memainkan pemain-pemain mudanya.

SampdoriaTorinoTragedi Superga