Hitzfeld: Guardiola Berjasa Bagi Bayern Dan Bundesliga

Pelatih Bayern Muenchen, Josep Guardiola, dianggap tidak gagal selama meniti karier di Bundesliga. Hal tersebut diutarakan oleh mantan pelatih Bayern, Ottmar Hitzfeld.

Guardiola akan hengkang dari Allianz Arena pada musim panas nanti setelah tiga tahun menangani Bayern. Dia telah mempersembahkan tiga trofi Bundesliga dan satu DFB Pokal, selain membawa Philipp Lahm memenangi Piala Dunia Antarklub dan Piala Super Eropa.

Kedatangan Guardiola ke Bayern diiringi ekspektasi tinggi dari berbagai kalangan. Maklum, selain sukses mempersembahkan 14 trofi ketika menangani Barcelona, Guardiola dituntut membawa Bayern meraih treble winners seperti saat ditukangi Jupp Heynckes pada musim 2012-13.

“Hanya ada satu jawaban untuk pertanyaan ini, dia (Guardiola) tidak gagal. Guardiola tidak diperlakukan dengan adil. Dia meningkatkan Bayern dan seluruh Bundesliga,” seru Hitzfeld, seperti dilansir Bild.

“Semua orang tidak menyadari betapa luar biasanya Guardiola membawa Bayern menjadi semifinalis Liga Champions tiga musim berturut-turut, itu sulit dipahami,” lanjutnya.

“Biasanya, tim yang meraih treble winners, terpuruk ke dalam lubang. Mereka tidak lagi bergairah, Anda mengalami penurunan,” tandas Hitzfeld.

“Tetapi, Guardiola melindungi Bayern dari kemungkinan itu dan membuat para pemainnya berhasrat. Dia membuat Bayern memainkan operan yang berkualitas seperti tidak pernah ditampilkan sebelumnya. Dia mendorong para pemain tampil dengan tempo tinggi. Saya pikir, Guardiola hanya akan mendapat apresiasi atas kinerjanya di Jerman dalam beberapa bulan. Anda akan menyadari betapa hebatnya dia ketika dia telah pergi,” paparnya.

“Saya juga tidak setuju dengan kritik yang mengklaim Guardiola tidak cukup baik dalam menunjukkan identitasnya bersama Bayern. Jika melihatnya di sisi lapangan, Anda tahu betapa bergairahnya dia bagi klub,” tutup Hitzfeld.

Comments
Loading...