Hitzfeld: Piala Super Jerman adalah Tolok Ukur

Football5Star.com, Indonesia – Pelatih legendaris Jerman, Ottmar Hitzfeld, menilai Piala Super Jerman 2017 tak bisa dipandang enteng oleh Borussia Dortmund dan Bayern Munich. Dia bahkan menilai ajang itu sebagai sesuatu yang sangat penting.

“Piala Super Jerman, bagi saya, selalu ajang yang sangat penting sebelum liga bergulir. Ini adalah laga pramusim terpenting. Ajang ini bisa memberikan informasi penting dan menjadi penilaian serius pertama terhadap para pemain baru,” terang Hitzfeld dalam kolomnya di Kicker.

Lebih jauh, pelatih yang pernah menangani timnas Swiss itu menyebut Piala Super Jerman sebagai tolok ukur bagi Borussia Dortmund. Kemenangan pada laga itu, kata dia, akan punya dampak signifikan dalam upaya menyaingi Bayern di Bundesliga 1 musim 2017-18.

Menyangkut persaingan di Bundesliga 1, pelatih berumur 68 tahun tersebut secara khusus menaruh harapan besar pada kiprah Die Schwarzgelben. Dia berharap anak-anak asuh Peter Bosz memberikan perlawanan dan tekanan lebih besar kepada sang juara bertahan, Bayern Munich.

“Saya kira akan lebih indah bagi Bundesliga bila Dortmund memberikan tekanan lebih kepada Bayern dibanding musim lalu ketika Bayern unggul 18 poin. Jika Die Schwarzgelben mampu memangkas jadi setengahnya, itu akan jadi prestasi bagus,” urai Hitzfeld dalam kolomnya di Kicker.

Di mata mantan pelatih timnas Swiss tersebut, Dortmund punya cukup modal untuk menyaingi Die Roten. Menurut dia, rekrutan baru macam Mahmoud Dahoud dan Omer Toprak akan sangat berguna. Belum lagi kembalinya Mario Goetze yang di mata Hitzfeld tak ubahnya pemain baru.

Mantan pelatih Bayern dan Dortmund itu juga terkesan oleh Bosz. “Pelatih baru BVB memberikan kesan bagus. Dia sosok yang punya gagasan jelas,” kata dia. “Meski begitu, butuh waktu bagi penerapan pressing agresif yang dia ajarkan. Dia mesti mampu mempercepat pemahaman para pemain sehingga Bayern tidak langsung perkasa dari awal musim.”

Comments
Loading...