Hitzfeld: Tak Ada yang Aneh dari Pernyataan Mueller

Football5Star.com, Indonesia – Pernyataan Thomas Mueller yang merasa tak sepenuhnya dibutuhkan oleh pelatih Bayern Munich, Carlo Ancelotti, terus menyedot perhatian. Ottmar Hitzfeld, mantan pelatih Die Roten, juga angkat suara. Namun, berbeda dengan kebanyakan orang, Hitzfeld tak menilai pernyataan itu sebagai sesuatu yang perlu diperdebatkan.

“Ketika pemain diwawancara, setiap kata yang dilontarkannya adalah emas. Dalam pandangan saya, Thomas memberikan wawancara yang normal, terbebas dari polemik apa pun. Itu adalah pernyataan normal dari pemain yang tak dimainkan,” terang Der General kepada TZ, Senin (28/8/2017). “Thomas adalah sosok yang jujur. Dia selalu mengatakan apa yang ada di pikirannya. Kita harus bisa menerima itu.”

Pelatih yang pernah menangani Borussia Dortmund dan timnas Swiss itu pun coba menelaah dari kedua sisi. Dari sisi Mueller, dia menilai wajar ketidakpuasan muncul. Pasalnya, selama ini, dia selalu memberikan kontribusi besar bagi Bayern. Lebih dari itu, kata dia, hal yang tak bisa dikesampingkan adalah status Mueller sebagai identification figure.

“Dengan situasi saat ini, dia tentu tidak puas. Thomas adalah pemain yang selalu bermain dengan performa baik. Dia seorang juara dunia dengan standar tinggi. Perlu diingat juga, Bayern butuh Thomas. Bagi Bayern, dia adalah sosok yang menjadi identitas klub dan sangat populer di kalangan fans,” jelas Hitzfeld lagi. “Terlepas dari itu, dia juga mencetak gol-gol penting.”

Sementara itu, dari sisi Ancelotti, Hitzfeld juga menilai putusan melakukan rotasi sebagai hal lumrah. Kebijakan itu, karena kompetisi yang sangat padat dan banyaknya laga yang harus dilakoni Die Roten, sangat lumrah dilakukan. Der General mengatakan, dia pribadi dulu juga melakukan kebijakan yang sama terhadap para pemain di skuatnya.

Satu hal yang coba diingatkan Hitzfeld, kasus Mueller tak boleh terlalu dilebih-lebihkan. Kasus ini bisa meledak kapan saja dan jadi kontraproduktif. Padahal, sebenarnya tak ada yang perlu dipersoalkan. “Ini situasi yang sangat normal. Rotasi Ancelotti juga sudah berjalan pada musim lalu. Jadi, saya tak melihat alasan untuk terlalu khawatir,” tambah mantan pemain VfB Stuttgart tersebut.

Comments
Loading...