Hodgson: Pochettino Itu Manajer Sukses Meski Tanpa Trofi

Football5Star.com, Indonesia – Mauricio Pochettino, manajer Tottenham Hotspur, mendapatkan dukungan soal klaim tak perlu trofi untuk dapat disebut sebagai manajer sukses. Dukungan itu datang dari manajer Crystal Palace, Roy Hodgson.

Di mata Hodgson, Pochettino telah menunjukkan kelasnya sebagai manajer sukses di Tottenham. Meskipun belum mampu memberikan trofi, pria asal Argentina itu telah mengangkat pamor dan pemainan The Lilywhites. Itu adalah prestasi yang seharusnya disamakan dengan mengangkat piala.

“Orang-orang haruslah lebih bijak di sepak bola saat ini dan berhenti bicara soal trofi,” ulas Hodgson seperti dikutip Football5Star.com dari Football London.

Keberhasilan mengorbitkan pemain-pemain muda di Tottenham dinilai Hodgson sebagai prestasi istimewa Pochettino.
sports.yahoo.com

Mantan manajer Liverpool itu menambahkan, “Mereka harus melihat fakta dia telah mengangkat Tottenham yang tengah dalam periode terpanjang disebut sebagai kandidat juara Premier League dan Liga Champions. Dia juga telah mengorbitkan demikian banyak pemain didikan akademi. Apakah trofi mampu melakukan itu?”

Lebih jauh, manajer yang sempat menangani timnas Swiss dan timnas Inggris itu menunjuk prestasi lain Pochettino. Itu adalah permainan memikat Tottenham dan caranya mengelola klub.

Jika hanya menjadikan trofi sebagai ukuran, Hodgson menyebut hanya ada sedikit manajer sukses. Itu jelas tidak adil. “Sejauh yang saya cermati, jika Anda menybut manajer bagus hanya yang meraih trofi, nama yang akan muncul hanya empat atau lima,” tambah dia.

Hodgson mengingatkan, ada banyak manajer yang tak punya kans besar merebut trofi karena berada di klub kecil. Mereka, menurut dia, tak bisa begitu saja dilabeli sebagai manajer gagal. Ada aspek-aspek lain yang sebenarnya telah dilakukan dan pantas disebut sebagai prestasi besar.