Hodgson Yakin Rashford Akan Berkibar di Timnas Inggris

Salah satu kejutan terbesar pada pengumuman 26 skuat provisional Inggris untuk Piala Eropa 2016 adalah keberadaan Marcus Rashford. Striker belia Manchester United itu masuk ke dalam skuat meski belum memiliki caps di timnas.

Putusan manajer Roy Hodgson memanggil Rahsford jelas memicu kontroversi. Pasalnya, sederet striker berpengalaman lainnya sudah menunggu panggilan. Sebut saja Jermain Defoe dan Andy Carroll.

Sementara, Rashford yang baru bersinar sejak paruh kedua musim ini, justru belum pernah melakoni debut di tim senior The Three Lions. Penyerang berusia 18 tahun itu baru mencicipi caps di timnas U-16, U-18, dan U-20.

Namun, dilatari performa mengilap Rashford bersama Man. United selama 16 laga terakhir di semua kompetisi, Hodgson berani mengambil risiko. Sejak debut bersama Red Devils, dia sudah menciptakan 6 gol dan 2 assists di Premier League.

“Marcus Rashford adalah salah satu pesaing. Dengan kompetisi yang ketat, dia pantas dipilih masuk skuat utama. Saya senang seseorang yang telah memiliki musim luar biasa pada musim ini akan memiliki masa depan yang hebat. Dia bisa menggebrak,” bilang Hodgson.

Hodgson pun menyadari peran Man. United dalam menyuplai pemain untuk timnas Inggris memang cukup besar. Dari skuat untuk Piala Eropa 2016, ada tiga nama dari Setan Merah, Rashford, Wayne Rooney, dan Chris Smalling.

“Apa yang diucapkan Ryan Giggs ke publik dan personal akan berbeda. Kami mendapatkan suplai dari Man. United terkait pemain. Kami punya kelompok penyerang yang bagus dan sejumlah nama lain yang bisa bermain di depan. Jika dia (Rashford, Red.) bisa terus berkembang, tak ada alasan dia tidak bisa menjadi pemain reguler di timnas Inggris,” pungkas dia.