Bek Korea Selatan Dilarang Perkuat Timnas Seumur Hidup

Football5star.com, Indonesia – Nasib sial menimpa pemain belakang timnas Korea Selatan (Korsel), Jang Hyun-soo. Dia dilarang oleh federasi sepak bola Korea Selatan (KFA) membela timnas sampai seumur hidup. Lebih sialnya lagi, ia juga didenda sebesar 30 juta won.

Hal ini sendiri karena ia memalsukan laporan community service yang ia lakukan sebagai bagian dari wajib militer. Seperti diketahui, semua pria di Korsel wajib mengikuti wajib militer. Sejak bersitegang dengan saudaranya, Korea Utara (Korut), Korsel menerapkan wajib militer. Hal ini sendiri bermula pada media 1970-an.

Kala itu, ketegangan meningkat di Semenanjung Korea. Sang tetangga, Korut, ditengarai memiliki reaktor nuklir dan berpotensi mengancam keamanan sang tetangga dekat. Karena hal ini, semua pria di Korsel diwajibkan mengikuti wajib militer minimal sekitar 2 tahun dan 500 jam melakukan community services. Dan, hal ini yang kemudian dilanggar oleh Hyun-soo. Ia kedapatan memalsukan dokumen soal berapa lama ia sudah melakukan community services.

Hyun-soo Korsel
Foto: rte.ie

Walau aturan ini mengikat, atlet-atlet berprestasi di Negeri Ginseng bisa dapat bebas dari wajib militer andai raih medali emas di Olimpiade atau Asian Games. Hal ini yang dilakukan oleh Son Heung-min dan kolega saat memenangi medali emas cabor sepak bola di Asian Games Jakarta-Palembang 2018 lalu.

KFA sendiri sudah merilis pernyataan terkait hukuman bagi Hyun-soo.

“Jang Hyun-soo mulai hari ini sudah dihukum seumur hidup tak lagi boleh membela timnas Korea Selatan. Ia juga diharuskan membayar denda sebesar 30 juta won,” begitu rilis KFA di situs resminya terkait kasus ini.

Hyun-soo sendiri tampak sangat menyesali hal ini. “Saya sangat meminta maaf karena sudah mengecewakan banyak orang. Saya tahu saya sudah melakukan tindakan yang sangat memalukan,” ujar Jang Hyun-soo di situs resmi KFA.

Comments
Loading...