IFAB Resmikan Peraturan Baru Terkait Pergantian Pemain

Football5star.com, Indonesia – The International Football Association Board (IFAB) resmi mengeluarkan peraturan baru terkait pergantian pemain. Peraturan baru ini terbilang sangat berbeda dengan yang berlaku selama ini.

Jika selama ini pemain yang diganti harus keluar melalui pinggir lapangan yang berada di antara bangku cadangan pemain, maka di peraturan baru hal tersebut tidak berlaku lagi. Para pemain harus keluar lapangan dari titik terdekat dirinya berdiri.

Dengan kata lain, jika si pemain berada di dekat garis gawang, ia harus keluar di titik itu juga. Mereka hanya diperbolehkan keluar lapangan di titik lain jika diarahkan oleh wasit yang bertugas pada pertandingan tersebut.

Selain itu, ada tiga hal lainnya yang memperbolehkan pemain keluar lapangan bukan di titik terdekatnya. Pertama, mereka bisa meninggalkan lapangan dengan cepat di garis tengah lapangan. Kedua, ada masalah keamanan yang terjadi di beberapa sudut lapangan. Dan yang ketiga si pemain meinggalkan lapangan dengan tandu.

Jika peraturan ini tidak dilanggar, mereka akan diberi sanksi karena dianggap menunda pertandingan. Setelah itu pemain bersangkutan juga diwajibkan langsung menuju ruang ganti pemain untuk menghindari masalah dengan pemain lain atau penonton di stadion.

Regulasi baru ini dibuat IFAB untuk mengurangi praktik mengulur waktu yang dilakukan para pemain ketika timnya sedang unggul. Regulasi ini akan diberlakukan pada 1 Juni 2019 mendatang, atau musim 2019-2020 digelar.

Comments
Loading...