Ikuti Liga 1 2017, Liga Vietnam Bakal Gunakan Wasit Asing

Football5star.com – Liga Vietnam memulai wacana utuk memakai wasit asing pada musim ini. Hal tersebut dilakukan buntut dari performa wasit lokal yang dianggap sering salah memberikan keputusan.

Sebelumnya, operator Liga Vietnam (VPF) telah menghukum beberapa wasit lantaran salah memberikan keputusan. Mereka adalah Tran Dinh Thing, Ngo Quoc Hung serta asisten wasit Nguyen Trung Nam dan Le Duc Vu karena kesalahannya memengaruhi hasil pekan 20 dan 21 Vietnam League.

Kesalahan yang sering dari wasit Vietnam selama pertandingan domestik menimbulkan banyak keluhan dari klub dan pendukung. Dikutip dari Fox Sports Asia, mereka bahkan sudah berencana untuk menggunakan wasit asing seperti Liga 1 2017 lalu di Vietnam.

Vietnamnet.vn

Padahal, V-League sendiri akan menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR) pada Juni lalu. Tapi gagal terealisasi karena masih ada jalan panjang sebelum menggunakan teknologi tersebut.

Keputusan wasit Vietnam memang bikin publik sana gerah. Salah satu wasit yang menyita perhatian ialah Nguyen Trung Nam. Dia menciptakan kontroversi menganggap salah satu pemain Becamx Binh Duong offside padahal masih tiga meter di belakang pertahanan HAGL FC.

Sementara itu, wasit Ngo Quoc Hung dan asisten Le Duc Vu diskors setelah mengabaikan kiper Hanoi FC Nguyen Van Cong melangkah keluar dari garis gawang untuk menghentikan tendangan penalti dari SHB Da Nang Gaston Merlo.

liga vietnamtimnas vietnamvietnam league 1Wasit Asing