Ilham Jaya Kesuma, Si Raja Top Skorer yang Terlahir buat Tangerang

Football5Star.com, Indonesia – Ilham Jaya Kesuma, begitu mendengar namanya tentu pencinta sepak bola pasti menghubung-hubungkannya dengan Persita Tangerang. Begitu faktanya, karena Ilham yang berasal dari Palembang justru seperti terlahir untuk Tangerang.

Betul, Ilham Jaya Kesuma memulai kariernya di sepak bola kala membela PS Palembang. Namun dalam karier senior, Persita lah yang membesarkan namanya. Bahkan, hingga pensiun kini pun dia masih mengabdi buat tim berjuluk Pendekar Cisadane tersebut.

Pria yang kini berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) itu mengabdikan diri di Persita dari 1996 sampai 2006. Dia memang tak mampu menghadirkan gelar juara di kasta teratas, tapi Benteng Viola jelas punya kenangan indah bersamanya.

Puncak penampilannya bersama Persita ketika musim 2002. Saat itu tim Pendekar Cisadane tak terlalu diperhitungkan pada ajang Liga Bank Mandiri. Dikomandoi oleh Benny Dolo, Persita mampu finis di posisi keempat Wilayah Barat. Mereka pun unjuk gigi pada babak delapan besar.

Tabloid Bola/IG Ilham Jaya Kesuma

Masuk di grup kuat, bersama Petrokimia, Persipura Jayapura, hingga Arema Malang, Persita malah tak tebendung. Mereka bahkan selalu meraih kemenangan di Grup A. Melewati PSM Makassar di semifinal, sayangnya Persita gagal menjadi juara usai takluk 1-2 dari Petrokimia di final.

Nah, perjalanan itu tak lepas dari aksi Ilham Jaya Kesuma. Meski gagal bawa Persita juara, pria yang kini berusia 42 tahun itu mendapatkan dua penghargaan sekaligus. Dia didaulat jadi top skorer plus pemain terbaik Liga Indonesia 2002.

Si Raja Top Skorer Abdikan Diri di Tangerang

Menjadi top skorer sekali, Ilham Jaya ketagihan. Dia bahkan meraih dua penghargaan top skorer sekaligus pada 2004 silam. Pertama saat didaulat menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Indonesia dengan 24 gol, lalu bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2004.

Ilham Jaya Kesuma sukses menjadi top skorer Piala AFF 2004 dengan torehan tujuh gol. Sayang memang, dia gagal membawa Indonesia juara AFF setelah kalah 2-5 dari Singapura di final.

AFP

Kini setelah gantung, Ilham Jaya tetap mengabdikan dirinya di Tangerang. Dia memang sudah nyaris 19 tahun diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dia diangkat oleh Pemkab Tangerang menjadi PNS pada 2002 silam.

Tadinya, Ilham bekerja di Dinas Pemuda dan Olahraga Pemkab Tangerang. Saat ini, Ilham Jaya Kesuma bertugas di Pemkab Tengerang, bertugas di Dinas Cipta Karya.

Selain menjalani kesibukannya menjadi PNS, sosok 42 tahun itu jua sempat ditunjuk menjadi asisten pelatih Persita Tangerang. Dia menjadi asisten pelatih sejak 2019 hingga 2020. Nah musim ini, Ilham Jaya Kesuma mendapat kepercayaan besar dari manajemen dengan mengasuh Tim U-18 Persita.

Ilham Jaya KesumaLegendalegenda nasionalPersita Tangerang