Guendogan Soal Like Unggahan Cenk Tosun: Aku Bukan Keledai!

Football5Star.com, Indonesia – Ilkay Guendogan tampil luar biasa saat timnas Jerman menang 3-0 atas Estonia, Senin (14/10/2019) dini hari WIB. Dia mencetak dua gol dan satu assist dalam laga di Stadion A Le Coq Arena tersebut.

Performa apik itu sangat bermakna bagi Ilkay Guendogan. Hal itu setidaknya mengurangi tekanan yang muncul akibat kontroversi yang sempat dicuatkan media sebelum pertandingan.

Tepat sebelum pertandingan, dia dan Emre Can sempat menuai kontroversi karena me-like unggahan Cenk Tosun di Instagram saat merayakan kemenangan timnas Turki atas Albania dengan hormat ala tentara.

Selebrasi timnas Turki itu menimbulkan kontroversi. Cenk Tosun dkk. dinilai mendukung serangan militer pemerintah negerinya terhadap Kaum Kurdi di wilayah Suriah. Tak pelak, karena me-like unggahan itu, Ilkay Guendogan pun dinilai memberikan dukungan serupa.

Selepas pertandingan, Ilkay Guendogan memberikan klarifikasi. Dia menegaskan, dirinya bukan keledai yang terjatuh di lubang yang sama dua kali. Dia telah belajar dari kasus foto bersama Recep Tayyip Erdogan jelang Piala Dunia 2018 yang membuat dia tersudut.

“Sungguh luar biasa cerita yang ditulis hari-hari ini. Aku me-like foto seorang teman yang sama-sama tinggal di Manchester. Dia tengah dalam situasi sulit di Everton, jarang bermain, lalu mencetak gol dan membawa timnya meraih kemenangan,” kata Ilkay Guendogan seperti dikutip Football5Star.com dari Sport1.

Pemain Manchester City itu pun lantas menegaskan sama sekali tak ada maksud politis di belakang like yang diberikannya itu. “Betul-betul tak ada maksud politis di balik itu. Emre dan aku sangat konsisten menolak segala bentuk perang dan teror, tak peduli di mana pun itu terjadi. Itu benar-benar murni dukungan bagi teman kami,” ucap dia lagi.

Hal serupa juga diungkapkan Emre Can. “Itu dua atau tiga hari yang lalu dan murni soal olahraga. Itu tak ada kaitannya dengan politik. Aku menolak segala bentuk perang dan setiap hari berdoa agar dunia diberi kedamaian,” ujar pemain Juventus tersebut.

Comments
Loading...