Ilmuwan Genetika Spanyol Klaim Bisa Kloning Messi

Football5star.com, Indonesia – Ilmuwan asal Spanyol, Arcardi Navarro, mengklaim bisa menciptakan individu yang sangat mirip dengan bintang Barcelona, Lionel Messi, dengan teknik kloning.

Messi dianggap sebagai salah satu pesepak bola terbaik dalam sejarah. Tidak sedikit yang merasa ragu bakal ada pemain dengan kualitas yang bisa mendekati level La Pulga.

“Kami bisa mendapatkan pemain yang sangat mirip dengan Messi. Kami mampu mengkloning saya dengan teknik terkini dan menghasilkan seseorang yang seperti kembarannya,” ujar Navarro, seperti dilansir Marca.

“Itu seperti dua orang yang dilahirkan sebagai kembaran dan salah satunya dibekukan di dalam ruang waktu. Kemudian 20 atau 30 tahun berikutnya, kami akan mengembalikan dia pada waktu yang tepat. Jika semuanya berjalan dengan baik, itu akan sama,” katanya.

Navarro memang percaya diri dengan teknologi yang canggih saat ini, proses kloning bisa menghasilkan individu yang mirip dengan Messi. Kendati demikian, dia tidak menjamin kualitas sepak bola individu tersebut bisa menyamai kapten Barcelona tersebut.

“Genetika memberikan kita ruang lingkup. Orang ini bisa memiliki potensi yang sama dengan Messi. Namun, pada akhirnya, kualitas sepak bola Messi terbagi dalam dua komponen. Pertama, sangat jelas bahwa itu berasal dari genetika dan yang lainnya bersifat edukasi, tidak langsung dan dipengaruhi lingkungan,” tutur Navarro.

Lionel Messi - Barcelona - Ballon d'Or - worldsportspredict.com
Lionel Messi (Foto: worldsportspredict.com)

“Messi adalah Messi dan tidak menjadi seperti sekarang hanya karena genetika. Dia adalah hasil dari lingkungannya, berkembang di La Masia dan perawatan hormon yang diterimanya. Apa yang dilakukan genetika adalah memberi potensi, seperti halnya Lionel Messi. Namun, apakah itu terpenuhi atau tidak, tergantung dengan keadaan dan yang terjadi di sekitar,” ujarnya.

Lionel Messi mengawali karier profesional bersama Barcelona. Dia melakoni debut bersama El Barca pada Oktober 2004. Segudang prestasi telah diraih selama berseragam klub raksasa Catalan itu, di antaranya adalah sembilan trofi La Liga, empat trofi Liga Champions dan tiga trofi Piala Dunia Antarklub.

Comments
Loading...